Persoalan Lampiran di Yahoo! Mail

| 10 Comments | No TrackBacks

Baru hari Jumat sore lalu saya menggunakan Webmail di Yahoo! Mail untuk mengirim dua buah lampiran (attachment), sehari setelahnya saya baca keluhan Darojatun Wijaya di mailing list Linux Aktivis bahwa pemakai Yahoo! di sistem operasi yang tidak menggunakan penamaan drive (A:, B:, dst.) akan gagal mengirim lampiran karena dihalang-halangi oleh JavaScript. Lebih persisnya: mekanisme pengunggahan berkas (file upload) ditangani oleh kode JavaScript yang berisi,

Kode di atas diambil dari sumber lengkap di halaman Web Yahoo! Mail yang bermasalah, melengkapi keterangan yang dipaparkan Darojatun.

Halaman lampiran Yahoo! Mail di GNU/Linux

Halaman pengelolaan lampiran Yahoo! Mail di GNU/Linux

Pemeriksaan path berkas yang akan dilampirkan mensyaratkan harus dimulai dengan “nama drive — seperti yang lazim digunakan di keluarga sistem operasi produk Microsoft, yakni A:, B: dan seterusnya — menyebabkan tidak ada ampun untuk pemakai Linux misalnya, atau sistem operasi lain yang tidak menggunakan penamaan seperti itu.

Untuk meyakinkan, saya coba dengan akun saya di Yahoo! Mail lewat Mozilla Firefox, Debian GNU/Linux, dan URI yang saya terima dari Yahoo! Mail adalah http://us.f507.mail.yahoo.com/ym/Compose?YY=11479. Hasilnya adalah kode di atas! Demikianlah, lampiran yang diambil dari komputer saya langsung ditolak oleh Yahoo! Mail. Untuk lebih meyakinkan, saya coba membuka halaman pengelolaan lampiran Yahoo! Mail tersebut di Windows Server 2003, hasilnya: untuk berkas lokal yang memang path-nya diawali dengan huruf sebagai representasi nama drive tidak menjadi masalah. Namun begitu lampiran diambilkan dari berkas yang diakses lewat Network Neighborhood, misalnya di path \Rawerantas\public, Yahoo! Mail gagal total mengunggah berkas tersebut gara-gara dihalangi oleh JavaScript!

Halaman lampiran Yahoo! Mail di Microsoft Windows 2003 Server

Halaman pengelolaan lampiran Yahoo! Mail di Microsoft Windows 2003 Server

Di mailing list Linux Aktivis, Ronny Haryanto dan Priyadi Iman Nurcahyo melaporkan tidak menjumpai persoalan ini, sedangkan Ariya Hidayat menyarankan untuk memeriksa User Agent yang menghasilkan kode tersebut. User Agent adalah identitas yang diberikan oleh klien pengakses halaman Web dan aplikasi di server, misalnya Yahoo! Mail tersebut, dapat memanfaatkan identitas tersebut untuk penanganan yang berlainan. Darojatun menimpali dengan laporan bahwa persoalan tersebut muncul baik di Mozilla Firefox atau Opera.

Secara tidak terencana saya ceritakan persoalan lampiran di Yahoo! Mail ini kepada teman di kantor, Ruslan Nuryadin. Dia langsung mencoba dan masalah yang saya sebut tidak dijumpai atau penanganan lampiran Yahoo! Mail baik-baik saja diakses dengan akun dia. Fragmen URI yang dipakai untuk akun Ruslan adalah http://us.f521.mail.yahoo.com.

Dengan demikian dugaan sementara untuk kasus ini adalah: terdapat persoalan penanganan lampiran di beberapa server Webmail Yahoo! Mail akibat JavaScript yang mensyaratkan path yang harus dimulai dengan nama drive. Selain server us.f507 seperti yang dipakai untuk akun saya, belum ada keterangan tambahan server lainnya, karena Darojatun tidak menyebutkan URI yang dia gunakan.

Perkiraan saya: “kecelakaan” ini lebih pada bagian kendali mutu Yahoo! yang belum mendeteksi adanya versi berbeda — dan bermasalah — di sebagian dari server mereka. Jelas sangat naif menggunakan algoritma di atas untuk memeriksa kevalidan path. Saya akan menulis persoalan ini di blog Yahoo! 360° dan mengirim pemberitahuan ke bagian dukungan teknis mereka. Atau, jika saya terlalu lamban untuk beraksi, sila dahului rencana saya tersebut.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/368

10 Comments

saya kok bisa attach file lebih dari 2 ya mas, saya pake SuSE 10.0 dan KDE 3.3, browser Firefox 1.0.6 :-? url nya : http://us.f344.mail.yahoo.com/ym/

Saya coba di account saya juga mengalami hal yang sama.

http://us.f502.mail.yahoo.com/ http://us.f309.mail.yahoo.com

Untuk us.f330.mail.yahoo.com gak ada masalah.

mas amal… fmcopd kali… :D kabur

Setelah membaca artikel ini, kemarin saya mencobanya dan tidak error. Tapi hari ini lain, ketika saya mnecoba untuk mengirim attachment, error sebagaimana yang disebutkan mas Amal muncul.

Wah, Mal. Gak sengaja aku ke sini, nih, saat cari-cari jarak Jakarta-Sadang via tol.

Kumpulan tulisan yang luar biasa. Selamat, ya.

(Maaf, nih. Gak ketemu buku tamu; jadi, taruh di yang ada aja.)

Belom coba karna selama ini masih make BINATANG WINDOWS :)

mmm, apa ada crack ytunelpro ???

setelah saya baca. halaman pemberitahuan ini saya. juga dapat permasalahan di kala saya mengirim email lewat yahoo. sudah beberapa bulan ini sering sekali surat atau attacment saya tidak terkirim itu saya ketahui sehari bahkan lebih. saya dapat imformasi bahwa surat saya tidak terkirim berdasarkan hal ini saya minta kejelasa melalui imel saya. tentang sebab-sebab surat saya tersebut tidak terkirim. dengan bahasa indonesia saya harapkan, terimakasih redaksi

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on November 14, 2005 1:12 AM.

Libur Idul Fitri 1426 H was the previous entry in this blog.

Pengalaman dari Boks Pengunjung di Warnet is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261