Varian Sober dan Promosi Film Dian Sastro

| 10 Comments | No TrackBacks

Pada mulanya, hanya beberapa buah email yang berisi sapaan bahwa pengirimnya berganti sandi lewat atau pesan dari server email bahwa alamat email yang saya kirimi email tidak ada. Padahal memang saya tidak pernah mengirim email ke alamat tersebut dan komputer yang saya gunakan untuk membaca email bersistem operasi GNU/Linux dengan pembaca email yang aman dari virus, Mutt. Berikutnya ajakan untuk menonton film Paris Hilton cuma-cuma. Gelagat tidak beres tersebut bertambah meyakinkan setelah dalam setengah hari, pada saat komputer saya tinggal untuk keperluan di luar kantor, kotak email saya penuh dengan ketiga jenis pesan tidak karuan di atas. Termasuk dua nama teman yang dicatut oleh pengirim email yang masuk, sehingga seolah-olah pesan tersebut ditulis oleh mereka.

Tangkapan layar kotak surat yang dipenuhi varian Sober

Email yang dikirim oleh varian Sober

Benarlah, respon dari pemberitahuan saya lewat email menyebutkan bahwa terdapat serangan virus ke domain student.rug.nl. Agaknya virus tersebut mengetahui alamat email saya dari komputer di universitas setelah digunakan untuk membaca email dari mailing list De Gromiest dan PPI Groningen, dua mailing list yang saya ikuti. Sedangkan pesan peringatan lancung dari FBI lebih dulu diterima oleh salah satu teman di kantor yang kemudian diteruskan ke saya dengan catatan: wah, akhirnya diperoleh juga “tanda mata” dari FBI!

Menurut koleksi berita yang saya baca dari Google News, terdapat serangan varian Sober dengan ciri-ciri khas di atas: Paris Hilton, FBI atau CIA. Mengulang serangan sebelumnya, kejadian ini membikin gusar karena email yang masuk menggunakan identitas teman-teman kita sendiri, dan kemungkinan identitas kita pun disebar dari komputer orang lain yang terinfeksi. Mengesalkan!

Selain gangguan dari varian Sober di atas, terdapat email spam yang belakangan ini masuk ke server email kami: promosi film Dian Sastro dan Tora Sudiro. Saya sudah menerima dua kali dari alamat email beridentitas Kafe Gaul. Alamat pengirim ternyata invalid dan setelah saya layangkan pemberitahuan ke pengelola Web Kafe Gaul, promosi tersebut tidak datang lagi. Namun ternyata masih ada teman-teman di kantor yang menerima promosi film Dian.

Ada-ada saja ulah penyamun dan asongan lewat email.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/371

10 Comments

saya kira email dari kafegaul itu asli…

menerima kurang lebih 20 email yang sama….

Kalau saja yang ngirim bukan KafeGaul tapi Dian Sastro, bakal dianggap spam nggak? :D Apalagi kalo Dian sekalian ngasih no HP buat janjian kapan pergi bareng…

Pejuang anti-spam yang baik melihat esensi penyebaran dibanding identitas pengirimnya.

Dian ajak tukar-menukar nomor HP dan jalan bareng? Haiyyaaa…

Rendy, saya menerima promosi film tersebut dari Berita_32@kafegaul.com. Alamat email tersebut tidak dapat dihubungi, ditolak oleh server email (MTA). Akhirnya komplain saya kirim lagi ke kafegaul@satunet.com, alamat email yang dipampang di situs Web mereka.

:)

lilis ga terlalu ngerti tapi moga aja ga ngalamin hal seperti itu

‘25 Nopember hari Guru Nasional….”

Tidak mengerti di bagian yang mana, Lis? :)

omm minta nomor hp dan photo Dian Sastro.dunk ..^_^

Ak Pengen banget dapatin Photo Dian Sastro and No.Hpnya Dian, soalnya ak Penggemar beratnya dian, Boleh nga Kirimin ke Emailku? ak Tunggu yach?

Thank U

Best Regards

Tuta

Boleh Nga Minta alamat email Dian Satro and Photonya Dian, Sekalian No.Hpnya Dian?

Gw Tunggu ya Bye, Febby Pablo

Begitulah pokoknya dian itu tak ada duanya

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on November 25, 2005 6:43 AM.

"Pameran Komputer" di Landmark was the previous entry in this blog.

Menunggu Quasar Menjangkau Dago Bagian Atas is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261