Tag: Yahoo! Membeli del.icio.us

| 2 Comments | No TrackBacks

Hanya beberapa jam setelah saya (masih juga) membandingkan sindikasi RSS yang baru dipasang di Gmail dan tampilan “lebih layak pakai” di My Yahoo!, sebuah email di Teknologia yang ditulis oleh Pakcik menyebut del.icio.us bergabung ke keluarga Yahoo!. Kabar di akhir pekan yang membuat kami — saya dan teman-teman yang sedang berkutat di kantor yang sedang libur — tergelak-gelak. Inikah Web 2.0: duel gajah antara Google dan Yahoo!? Dua gajah bertarung, pelanduk di sekitarnya diborong habis!

Menurut Pakcik, kuncinya tag. Coba amati layanan Web yang sudah berkibar-kibar dan membuat banyak orang terpincut: Flickr berbasis tag (sampai-sampai cara menampilkan tag pun inovatif dengan bermain-main ukuran fonta), del.icio.us juga meracik tag, dan kelompok “43” (43people, 43things, dan sejenisnya) pun bersimbah tag, tidak ketinggalan, si Technorati yang sudah menjadi mesin pencari untuk blog salah satunya menyediakan orientasi tag. Sepertinya pemakai Web sedang keranjingan ingin melabeli apapun di dunia ini dengan sepotong kata kunci berdasarkan persepsinya. Penghuni hutan maya ingin melarikan diri dari kerangkeng hirarkis atau kategorisasi.

Keputusan Yahoo! ini sekaligus mengurangi ambivalensi saya yang masih menggunakan baik del.icio.us atau My Web 2 dengan pertimbangan masing-masing: del.ico.us ramping, praktis, dan efektif; sedangkan My Web dari Yahoo! punya kelebihan akan kemampuannya menyimpan salinan halaman Web yang dientrikan. Halaman Web hasil pencarian yang berubah dari waktu ke waktu misalnya, saya simpan di My Web dan salinan itulah yang saya rujuk untuk tulisan.

Apakah setelah pembelian ini keduanya akan mulus berintegrasi? Tentu saja, itu harapan saya sebagai pemakai. Yang terbayang: alangkah sibuknya tim Yahoo! melakukan integrasi banyak layanan — baik milik mereka sendiri yang dipermak ulang atau hasil pembelian dari luar.

Jangan tertinggal: baca ucapan selamat datang untuk del.icio.us dari Jeremy Zawodny.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/375

2 Comments

Hmm.. Aku tertarik banget baca beritanya.. Tapi, sama sekali gak ngerti apaan itu “Flickr berbasis tag”, “Tag”,”kelompok 43”… hehe..

Yang aku tau cuman Yahoo n Google… :(

hmm.semoga login nya teritegrasi ajah.. soalnya waktu flicrk di-gabung-kan dengan yahoo, tetep aja gue musti login dua kali (login sekali lagi ke flickr) walopun udah login ke yahoo.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on December 10, 2005 11:00 AM.

Penampil Sindikasi di Gmail was the previous entry in this blog.

Pernyataan Ketua Partai Demokrat* is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261