Akses ke Friendster

| 48 Comments | No TrackBacks

Bisikan dari dua teman: Friendster merupakan situs Web yang paling banyak menyita sumber daya koneksi Internet dari Indonesia. Jika angka ini ditambah jumlah WNI yang tinggal di manca negara, tentu lebih besar lagi. Dua teman tersebut memperoleh kabar dari sumber di PJI dan keterangan tidak resmi dari staf perusahaan telekomunikasi. Saya belum tahu angka persisnya, namun yang menarik adalah kejadian setelah saya diberi tahu fakta tersebut: di ruangan tenaga bantuan teknis kantor yang kami kunjungi, hampir separuh dari staf yang sedang memelototi komputer dan siaga di pinggir pesawat telepon membiarkan jendela Friendster tetap terbuka di samping jendela aplikasi pekerjaan mereka. Sebuah fakta yang nyata di depan mata membuktikan sinyalemen di atas.

Wah, Friendster! Barangkali karena sekumpulan orang merasa nyaman di sana kemudian mengundang teman lainnya, dan seterusnya, sehingga akhirnya berkumpullah “primordialisme” Indonesia. Menurut Enda Nasution dalam percakapan ringan di Plaza Semanggi hari Ahad, 15 Januari lalu, Filipina bersama Indonesia memenuhi Friendster, sehingga jika Friendster kolaps karena kompetisi, akan menghemat lalu lintas koneksi Internet dari Indonesia ke luar negeri. Tentu saja menghemat akses ke Friendster yang ada sekarang namun akan segera terjadi ramai-ramai pindahan mencari tempat baru atau justru langsung bedol desa ke tempat pembeli Friendster. Skenario tersebut tidak didukung fakta kondisi aktual Friendster saat ini, melainkan sekadar dilihat dari antusiasme anggota yang sepertinya mulai masuk fasa tunak (steady).

Konsekuensi lain: seharusnya pemakai alat bantu blog Movable Type berjumlah besar untuk pemakai di Indonesia, mengingat Friendster bekerja sama dengan Six Apart untuk penyediaan blog anggota. Sedemikian dianggap “mengindonesia”, sampai saya pernah mendengar kabar bahwa Friendster adalah layanan jejaring sosial internasional yang bermula dari “mainan” anak-anak muda Indonesia yang sedang kuliah di Amerika Serikat. Entah rumor dari mana pula ini; tidak ada penjelasan seperti itu di halaman About mereka.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/387

48 Comments

Ya, anda tidak salah. Memanglah Friendster ini termasuk top 3 dari situs Internet yang banyak dikunjungi di tempat saya selain Yahoo dan Google. Data itu saya ambil dari analisa web cache kami. Teman kami di PJI juga bilang hal yang sama, sampai-sampai ada sebuah web cache di cache cluster yang mereka miliki yang didedikasikan khusus untuk menghandle content dari Friendster.

Saya jadi punya wacana, bagaimana agar Friendster itu bisa punya mirror di IIX, sehingga kemungkinan besar akan menghemat penggunaan bandwidth Internet internasional masing2 PJI secara signifikan.

Q: fs, please?
A: sorry, i don’t have one
Q: gak gaul looo… payah!
A: emang fs tempat gaul? hihihi
si Q: diam seribu bahasa
si A: ikut diam sembari nyeruput teh yang sudah tidak hangat lagi…

salah satu sarana flirting terampuh, meski sekarang kalah ampuhnya dengan flirting via css/blog :))

Tapi emang bener.. FS cuman terkenal di asia (ato mgn amerika juga, yg pasti eropa gak).. padahal yang pny amerika…

soalnya temen saya yang org belanda.. gak kenal tuh namanya FS.. n dia gaul2 aja.. :p

biar gimanapun juga tapi fs kan tetep salah satu sarana komunikasi massal yang paling ampuh.

koneksi langsung ke jutaan pengguna bukan hal yg bisa diremehin. not everyone has a blog, but it’s almost certain that everyone has an fs account.

daripada cape-cape, mendingan dimanfaatin aja kekuatan fs yg satu itu. bikin propaganda anti roy kek, rencanain kudeta kek. ya cepet lah nyebarnya klo pake fs…

tapi gue tetep lebi suka blogging sih. daripada cape2 nulis profil, gue mending kasi link ke blog gue disitu….

Q: fs, please?
A: sorry, i don’t have one
Q: gak gaul looo… payah!
A: emang fs tempat gaul? hihihi

Q: iya
A: diam seribu bahasa
Q ikut diam sembari nyeruput teh yang sudah tidak hangat lagi…

BTW gue punya account FS dua lho…..

#1 sepertinya memang ada bisnis baru nih untuk membuat FS Indonesia :)

68% user friendster adalah PALESU (tm)

Wah kalo bikin layanan online lain kayak FS, berapa ya angka PALESUNYA. Baru 68% aja sudah bikin mbah mbah network kita ini sewot, apalagi kalo 99% ASELI :D

saya pernah analisis log webcache , berikut ini adalah 4 besar situs yang dikunjungi (versi webcache saya) 1. www.friendster.com 2. photos.friendster.com 3. www.detik.com 4. images.friendster.com 5. www.yahoo.com

google masih 10 besar, tapi peringkat bawah (7 ato 8 gitu) :)

Mgkn dibrowser cache saya lebih banyak tercatat alamat gmail.com (baca:http://groups.google.co.id/group/id-gmail) :-D

Saya pernah ketemu temen lama setelah searching di friendster.. jadi friendster juga bisa buat nyari orang ilang kali ya, karena banyaknya orang indonesia disitu… he..he..he..

saya rasa sih emang friendster kudunya sudah saatnya punya mirror di Indonesia, atau semacan Friendster Indonesia hehehe

nama: DISMER SIMORANGKIR

E-MAIL & FS: dismer_priakesepian@

HP: 081 3705 8abcd

[#direktif] Maaf, komentar ini terpaksa diedit karena saya tidak mengizinkan Anda memasang iklan di sini. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa identitas di atas ditulis oleh pemiliknya sendiri.

gue nggak punya akun di fs. jadi, gue nggak begitu peduli dengan isu seperti ini. tapi, ngomong-ngomong, fs itu punya interface yang pake bahasa indonesia, nggak? kalo memang banyak sekali penggunanya yang berasal dari indonesia dan menggunakan bahasa indonesia, ada baiknya fs juga memberikan pilihan setting interface berbahasa indonesia seperti halnya yahoomail.

Kelihatannya isu bahasa lokal bukan kendala yang penting di Friendster. Antarmuka Friendster juga sudah cukup intuitif.

saya belum tahu loh, fs itu apa !

Affan > Saya jadi punya wacana, bagaimana agar Friendster itu bisa punya mirror di IIX, sehingga kemungkinan besar akan menghemat penggunaan bandwidth Internet internasional masing2 PJI secara signifikan.

Kalau pake mirror trus update-nya gimana pak? harus nunggu ya? perubahan yang di server indonesia jadi nggak bisa langsung kebaca di luar :( Belum lagi nanti sinkronisasi data, bisa jadi malah bandwidth keluar bisa lebih besar untuk mengupdate user seluruh dunia di server indonesia.

Atau mungkin lebih tepatnya si FS suruh bikin proxy di IIX, lalu langganan bandwidth sendiri untuk melayani FS di indonesia :)

saya tdk punya akun fs, kalaupun ada: siyalan, mesti ada yg ngerjain

tau

saya gak punya akun friendster.. !! gak tau ya.. kok gak minat.. hehehe..

woi fs itu apa sich?

Untuk friendster mania harus hati -hati terhadap data -data penting yang disimpan pada situs ini

friendster mania, bagaimana caranya bikin frindster yawh….

fs..fs..ku juga gak ngerti kenapa org yg gak punya account di fs dianggap gak gaul. btw krn bnyak pro-kontra ttg fs ku jadi tertarik utk buat skripsi ttg fs. kalo misal ada yg mau beri info boleh sekalee..

Saya punya keanggotaan Friendster tapi saya membuka FS saya lupa buka Paswoodnya tolong caranya bagiamana membuka paswoodnya

tau kali…………….??

kalo klen blom punya FS, jangan merasa msh muda deh,, FS bukan hanya ajang gaul, tp juga ajang pertemanan.. stuju semuanya khan??

mnggg…… sbenernya ndak ada komentar, cuma pengin ngisi aj. but, isinya bgs! good bgt… -chiaa cute~

emang fs hebat ……….. TOP abiiis dech.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Assalamualaikum

yoiiii bgt!

sbnry ak pgn nanya, manfaat fs tu apa apa yang didapat dengan menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer ato di warnet hanya untuk buka2 frenster. apa cuma pgn sok gaul……. ato bisa jadi fs bwt ajang narciss…… kalo ada yang tau jawab yaa!

asiiiiiiiiik banget sih,ok ,keren!!

fs cool abizz……….. klo ngini hari blom punya kampunga loe karna di fs banyak cewek2 nya hahahhahhahha

saya batu tahu lho tentang fs ini, tapi kayaknya asyik juga bisa nambah temen

Buat Sridewa kalimat terakhirnya agak kurang sopan tuh

FS

sekilas emang kita seperti ga butuh, contohnya tu tmn gw…sok ga care gt ama FS. baru deh 1 bln sblm dia pindah kantor yg otomatis juga pindah kota dia buat FS, klo kita msh ama tmn2 sih GPP tp klo udah pindah ke kota lain ato negara lain mungkin kita baru sadar klo FS perlu juga..thanks a lot

gud n tasty dude..

FS….LC….MSN messenger…plasa web mail…etc g pnya semua,jdi pusing……. cerib..cerib.. bagaikan membeli kucing dalam kabel sekarung gak si????????

kalo saya punya usul, lebih baik bubarkan “friendster”, mengapa? Karena friendster banyak mengelabui generasi muda kita yang katanya gaul, padahal hanya terbuai dengan dunia maya yang hanya membuang waktu mereka dan melalaikan tugas mereka yang seharusnya menjadi pekerjaan utama mereka. Kita ketahui saja bahwa kecepatan komputer mengakses data dijaringan yang tercepat waktunya adalah 3detik. Jika membuka 10 situs, akan terjadi kelalaian waktu sebanyak 30detik. Dan jika dalam satu komputer tersebut membuka window lebih dari satu, akan membutuhkan waktu sebanyak 2 detik untuk mengakses informasi yang di tuju. Jika setiap orang dengan 1buah komputernya mengakses tiga window saja akan memakan waktu sebesar 6 detik. Dan jika di total menurut survey lapangan, dalam 1harinya setiap pegawai menghabiskan waktu untuk membuka frienster sebanyak 2-3 1/2jam. Berapa lama waktu yang terbuang dalam 1 tahun? Hal ini membuat kinerja mereka dalam bekerja tidak efektif dan kurang maksimal. Tanpa kita sadari dalam 1hari bagi kita yang kesehariannya didepan komputer dalam keadaan online, kita telah menghabiskan waktu sebanyak itu, dan jika waktu yang terbuang untuk menggunakan friendster kita gunakan untuk yang lebih penting, akan besar manfaatnya bagi negara yang sedang berkembang ini.

Saya tahu usul saya ini akan banyak menghadapi penolakan dari berbagai pihak. Akan tetapi perlu kita sadari bahwasannya jika kita terus terlena dengan sesuatu yang memperdaya massa dalam jumlah yang tak terhitung, apakah kita akan selalu mendukung sesuatu yang membuat kita juga ikut terlena, apakah kita selalu duduk dalam zona kenyamanan, dan setelah zona kenyamanan itu pergi kita akan kelabakan karena kita terbiasa terlena oleh zona kenyamanan.

Gien menulis :

kalo saya punya usul, lebih baik bubarkan “friendster”<

Segala sesuatu itu bermanfaat atau tidak tergantung bagaimana menggunakannya. Sebagai contoh, kita gak bisa ‘melarang orang mengakses internet’ hanya gara gara banyak pornografinya.. Iya gak, seehh.. ?

busyet woi klo ad yg tao cara daftar fs email gw ya sumpe fs top abis

ya sebenarnya fs tu ok* aza sich asalkan ngisi datanya yang beneran aza n gak maen*. n asyik ko kenalan lewat fs kita jadi tau langsung orangnya lewat foto asalkan lg fotonya jgn laen udh tau jelek y jelek aza nyadar aza gak usah ngasih foto yg cakep kyk gw neh nyadar klo gw maniez gak combong khan

allow Salam Kenal u semua

hai guys, gw baru masuk nich. gw lagi cari kawan yang satu hobby sama gw nich ttg football,gw Interisti bgt.

niessa…..

ehm awal’a sih males2n bkn FS.. buang2 waktu,,ga jelas dch pkoknya!!

tapi pas tmen2 gw ngajak gw k warnet n dYa bk email FS’a..kyanya asik jg!! - lw bisa sharring sm tmen2 baru lw - ktm tmen2 lama yg udh lama ketelan bumi - wah pkok’a asik dch

emg jujur FS itu buang2 waktu bgt,,kl lw ga bisa memanfaatkan dengan baik FS itu..

btw segala sesuatu pasti ada sisi positif n negatif.. n back to ur self.

:)

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on January 18, 2006 5:25 PM.

Penulisan Taut was the previous entry in this blog.

Ubuntu Terkena Ketentuan Impor? is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261