Yuk Mengobrol Lewat Webmail

| 4 Comments | No TrackBacks

Begitu dipromosikan di halaman depan Gmail, bagian paling menarik yang saya amati adalah janji bahwa Google Talk dapat digunakan bersama antarmuka web Gmail. Akhir-akhir ini saya kerap mendatangi kantor klien dan mendapati hak pemakaian komputer di sana sebagai tamu. Ringkasnya: hanya akses Web yang diizinkan. Alat bantu percakapan online seperti Yahoo! Messenger atau Gaim sering tidak tersedia atau pangkalan (port) untuk mereka diblok. Konfigurasi koneksi keduanya dibelokkan lewat proxy pun tidak selalu berhasil.

Now you can talk in Gmail (19 kB)

Untuk layanan Yahoo! Messenger lewat Web, saya pernah mencoba Meebo dan melihat teman menggunakan E-Messenger. Selain persoalan keandalan — Meebo sering perlu minta login ulang — karena disediakan oleh pihak ketiga, menyangkut otentikasi perlu keyakinan ekstra untuk menggunakan jasa seperti itu.

Sekarang Gmail kemungkinan besar membantu mengatasi persoalan tersebut:

  1. Terintegrasi dengan Webmail. Jika akses Webmail diizinkan, sudah barang tentu acara mengobrol dapat juga dilakukan. Tambahan lagi: arsip pembicaraan langsung disimpan di Webmail. Tidak perlu disalin seperti halnya di Meebo atau tertinggal di komputer publik seperti halnya mekanisme di Yahoo! Messenger atau Gaim. Artinya juga, transkrip pembicaraan mudah dikirim sebagai email sekaligus tolong perhatikan privasi percakapan dan korespondensi dengan publik lewat email.

  2. Lebih meyakinkan karena disediakan oleh Gmail sendiri. Tidak perlu “keyakinan tambahan” seperti halnya jika disediakan oleh pihak ketiga.

  3. Sedikit gangguan: penawaran untuk mengajak mengobrol yang intensif. Setiap kursor mendekati sebuah item email, muncul jendela pop up yang menawarkan ajakan mengobrol atau melihat ulir diskusi (di Gmail disebut conversation) terakhir dengan pengirim email. Memudahkan memang, namun bayangkan saja jendela tersebut timbul-tenggelam di antara tumpukan ulir diskusi.

Akses ke Gmail sendiri, bagaimana? Dua kali saya datang ke sebuah Warnet di Jember (kabarnya Warnet paling besar di sana), Gmail macet sampai dengan pesan Loading… 384 kBps yang dipakai Warnet belum memadai untuk akses Gmail. Saya juga belum mencoba fasilitas baru ini di tempat-tempat dengan akses Internet dibatasi.

Yang sudah saya lakukan, untuk koneksi di kantor akun Google Talk di Gaim dihapus dan sebagai gantinya saya akan bercakap-cakap lewat antarmuka Web. Berminat mencoba fasilitas baru ini? Sila undang saya lewat ikhlasulamal@gmail.com.

Bukan barang baru: * William Pramana sudah menuliskan pada tanggal 7 Februari berdasarkan berita di The New York Times. * Enda Nasution “menemukan” GChat pada tanggal 9 Februari plus tangkapan layar.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/397

4 Comments

Ayo mas amal IDnya apa? biar saya ADD :)

umm..di Firefox kurang dari 1.1 gak ada gtalk nya :(( di gmailnya ..

gak muncul side barnya

Di firefox saya kok kadang bisa kadang gak nampak sama sekali Quick Contact nya? Kenapa ya? Seperti malam ini, tapi di IE bisa, duh ?

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on February 13, 2006 3:08 AM.

Lika-liku Lacak Balik Salah Bidik was the previous entry in this blog.

Situs Web Resmi Presiden is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261