Rekrutmen dari Hasil Ujian di Brainbench

| 3 Comments | No TrackBacks

Brainbench terbukti dijadikan sebagai salah satu acuan rekrutmen perusahaan perangkat lunak ternama di Amerika Serikat. Ruslan Nuryadin, salah seorang teman di kantor yang masih telaten menekuni C dan C++, sempat diundang untuk wawancara tahap pertama lewat telepon berdasarkan saringan dari hasil ujian dia di Brainbench.

Proses yang dialami Ruslan menarik karena semua inisiatif rekrutmen tersebut datang dari pihak perusahaan dan boleh dikatakan pemilik sertifikat Brainbench belum melakukan apapun untuk “menjual” hasil ujiannya. Selama ini saya masih melihat dengan separuh mata bahwa usaha mengisi lowongan pekerjaan — lebih-lebih yang berkedudukan di manca negara — dapat dilakukan tanpa perjuangan ekstra keras lewat media seperti Internet. Pengalaman saya pada tahun 2001-an yang menyibukkan diri berputar-putar di bursa lowongan pekerjaan seperti di HotJobs dan Monster umumnya mengecewakan: belum ada satu pun yang berujung sampai dengan wawancara langsung dengan pihak perusahaan.

Apakah jerih-payah peserta ujian di Brainbench dapat dijadikan modal yang lebih efektif untuk masuk pasar tenaga kerja global, setidaknya sampai pada tahap awal yakni dilakukan kontak langsung dengan pihak perusahaan lewat wawancara? Pertanyaan yang perlu pengakuan dari pemilik sertifikat Brainbench, karena seharusnya pada hari-hari ini ada sebagian dari mereka yang dikontak oleh perekrut seperti kasus Ruslan tadi. Salah satu keterangan yang disampaikan perekrut adalah rencana perusahaan mereka untuk menjaring kandidat di negara-negara sekitar Australia.

Selamat mempersiapkan wawancara bagi Anda yang beruntung dikontak tim perekrutan.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/403

3 Comments

cuma mau kasih tau kalo blogs gua di MIT pindah, dari blogs.mit.edu/azil/ ke blogs.mit.edu/CS/Blogs/azil/. Sekian, #-o

pengalaman dengan brainbench, dulu waktu namanya masih tekmetrics (sp?), jaman2 booming dotcom, saya sering dapat tawaran kerja. peaknya, dalam 1 minggu mungkin ada 1-2 tawaran. tapi berhubung waktu itu saya bego, jadi gak ada diterima :(. kalau sekarang2 sih sudah gak pernah lagi.

kalau mau mencoba keberuntungan ke overseas, setidaknya harus usaha dan kerja keras, tentu punya modal skill jg.

Dari pengalaman, sepertinya web site JOBSERVE merupakan yg paling ter-OK untuk peluang tsb. Khususnya bid IT dan Telco, dan kebetulan banyak rekan-rekan kerja mendapatkan job dr web site tsb.

Saya pnah mencoba apply, dan pnah jg beberapa kali di interview via phone. Akan ttp dgn bbrpa alasan saya blm ambil kesempatan itu.

Ttp alhamdulilah, saat ini saya sudah mendapatkan ikatan kontrak dr sebuah konsultan telco dr UK (branch APAC di Singapore), dan beruntungnya untuk project di Indonesia. Walau tidak menutup kemungkinan akan segera cao jg ke project di overseas.

sooo …. keep spirit and fighting… caaaayoooooo

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 1, 2006 6:18 AM.

"Amar Ma'ruf Nahi Munkar" was the previous entry in this blog.

"Mailing List" untuk Penulis Blog? is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261