Undangan dari detikINET dan Digital Islamic Library

| 11 Comments | No TrackBacks

Seperti yang telah dipublikasikan di detikINET, kemarin saya menghadiri acara Pemanfaatan Blog bagi Aktivis Masjid dan Pesantren yang diselenggarakan detikINET dan Digital Islamic Library. Kegiatan dilangsungkan dalam bentuk bengkel kerja (workshop) dan peserta secara umum adalah pendatang baru di dunia blog. Wicak Hidayat dari detikINET yang mengundang saya lewat email. Di lokasi acara, kantor detikINET, Jalan Warung Buncit, Jakarta, saya bertemu dengan Annisa M Zakir (detikINET) yang sibuk dengan kamera dan banyak membantu peserta selama pelatihan, dan Agus Syafii dari Digital Islamic Library yang memberi pengantar dan menyediakan sebuah contoh blog dengan fasilitas yang lengkap untuk didemokan — termasuk adanya “kotak sapa” (shoutbox) yang tidak pernah disediakan di blog saya.

Acara dimulai sekitar pukul 09.45, termasuk pengantar dari Donny BU, bos detikINET, yang dibawakan oleh Wicak. Untuk keperluan acara tersebut saya menyiapkan dua buah materi dalam format PDF: satu dalam bentuk artikel dan satu lagi untuk keperluan presentasi. Sebagian ilustrasi yang dipakai pada tulisan tersebut diambilkan dari khasanah keislaman dengan pertimbangan latar belakang peserta.

Waktu yang tersedia satu jam saya pakai untuk menjelaskan dua kelompok materi: menulis blog dan mengelola blog. Di bagian “menulis”, saya berusaha memotivasi agar menulis dan mencatat lebih dibudayakan; sedangkan pada aspek pengelolaan blog, saya ingin memberi penekanan faktor-faktor di lingkungan blog (sebagian dari atmosfir blog) yang perlu dipertimbangkan. Karena peserta belum pernah menggunakan blog (kemungkinan besar baru sebagai “pembaca”), yang ingin segera dilakukan pada tutorial kemarin adalah langsung mencoba membuat blog secara praktis. Dengan waktu yang hanya satu jam untuk mencoba, sudah barang tentu tidak memadai untuk merasakan semua aspek aktivitas blog. Namun demikian, mudah-mudahan kesan pertama pada pertemuan kemarin dapat menjadi awal yang baik untuk memulai. Toh, pada dasarnya semua penulis blog yang awet pun umumnya menjalani proses panjang pada perjalanan mereka.

Acara kemarin siang diakhiri dengan makan siang dan saya meninggalkan lokasi pada pukul 13.30, setelah mengobrol ringan dengan Marcos, staf detikINET yang sudah saya kenal dari komunitas Id Gmail.

Materi untuk acara kemarin:

[22 Apr] Terima kasih Iang, PDF yang saya pasang sebelumnya sudah diganti dengan versi yang benar, hasil ekspor dari OpenOffice. Saya masih belum berhasil membuat presentasi dalam format PDF dari Latex.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/426

11 Comments

simpel tapi manfaatnya luar biasa…salut

hmm…merugilah orang yg ketinggalan informasi seperti saya… kalau ada lagi, bolehlah saya diworo2in kang…*kalau tidak berkeberatan tentunya…:)

kok marcos bang amal?

bukannya markum :p

Kalau datang di “Id Gmail Headquarter” saya panggil Markum… :p

Om Amal, slide-nya tidak bisa saya buka. Sudah saya coba dengan evince, acroread, dan kpdf.

artikelnya bagus mas,terima kasih.

#4 memangnya markum sudah ke bandung ?

Semoga semakin memberi kontribusi positif untuk dunia yang semakin semrawut ini :)

Deden: terima kasih kembali. :)

Rendy: saya belum tahu persis. Kontak koordinator Id Gmail Bandung. ;) Kalau dia datang di Bandung, akan saya panggil dengan “Markum”…

ARS: terima kasih atas harapan Anda.

maaf nih, sedikit koreksi untuk bahan presentasinya, dari pemilik superone.blogdrive.com. disitu tertulis diambil dari blog superone, http://superone.blogdrive.com/archive/24.html tolong dicek lagi, karena dalam blog saya tidak pernah ada tulisan itu. kalo ga salah itu diambil dari blognya ‘mari peduli’ yang ada di multiply. saya pernah lihat tapi lupa url-nya. tolong pak dicek lagi. maaf… baru ngabarin sekarang, saya juga baru baca.

Terima kasih Wawan. Sudah saya koreksi, ternyata memang terdapat ketidakcocokan antara gambar tangkapan layar dengan keterangan taut dan sudah dibetulkan, yaitu dari blog Mari Peduli, dengan URL: http://peduli.multiply.com/recipes/item/15.

Sekaligus saya minta maaf atas kesalahan tersebut. :)

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 21, 2006 5:06 PM.

Jepret! Koleksi di Flickr Menjadi "Photoblog" was the previous entry in this blog.

Ongkos Lebih Mahal, Urusan Lebih Ruwet is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261