IGOS atau Perangkat Lunak Bebas?

| 8 Comments | No TrackBacks

Membaca jeritan sukma yang dalam dari Adinoto tentang IGOS, saya tetap ingat pada pertanyaan retorik perihal KPLI lima bulan lalu. Jika urusan KPLI berkaitan antara organisasi dan sebuah perangkat lunak bernama GNU/Linux — yang tentu tidak dapat disamakan begitu saja — Adinoto perlu jeli merenung juga: yang dia komplain IGOS sebagai sebuah inisiatif atau keniscayaan pemakaian perangkat lunak Open Source.

Pernyataan Adinoto,

Tapi saya juga yakin seyakin-yakinnya, hampir seluruh masyarakat non-IT, dan pelaku bisnis tidak pernah dengar/tidak perduli [sic!] dengan istilah Open Source, let alone mau mikirin ngurusin bagaimana membantu (dirinya sendiri), dan pemerintah dalam keberhasilan program ini.

perlu dipertanyakan balik: tidak peduli terhadap perangkat lunak bebas atau tidak peduli terhadap IGOS? Saya akui bahwa dari beberapa teladan teman yang menggunakan produk perangkat lunak bebas adalah pindahan (entah terkena “arus modernisasi” atau kembali ke khittah) dari pemakai produk proprietary atau produk-komersial-tapi-bajakan. Saya belum ketemu dengan mereka yang memang dari awal adalah benih galur murni pemakai perangkat lunak bebas.

Artinya: mereka yang punya “kesadaran” (dalam konteks tulisan yang diusung Adinoto) adalah orang-orang yang sudah “melek” teknologi informasi. Apakah ini yang tidak termasuk pada tulisan Adinoto sebagai “non-IT”?

Kendati saya sering mendengar ungkapan miring bahwa program pemerintah (bukan hanya IGOS) jauh panggang dari api dengan realitas yang terjadi di masyarakat, komplain Adinoto dapat ditanggapi secara oratoris, “Ada program pun hasilnya seperti sekarang, apalagi jika tidak ada…” Atau jika hendak realistis: jika ingin tahu lebih jauh tentang IGOS, tentu sebaiknya ikut bergabung atau turut campur dengan mereka yang sudah sibuk di sana. Sama seperti di KPLI: jika mempertanyakan kegiatan mereka, tentu lebih afdol diawali dengan mengikuti acara mereka.

Betul, ini Indonesia, Adinoto…

Sejauh ini yang saya lihat sudah serius mempertimbangkan pemakaian perangkat lunak bebas adalah pelaku bisnis Warnet. Baik yang beralasan sudah ogah main petak-umpet dengan petugas penertiban Warnet, atau — lebih-lebih — yang siap dengan kesadaran bahwa untuk mendapat rezeki yang halal harus dimulai dari bekerja dengan halal juga.

Seperti halnya saya tidak ingin terlalu pesimis dengan perkembangan yang terjadi, tanpa bermaksud menyoraki terlalu riuh, saya ucapkan salut terhadap sikap positif tersebut.

Bagaimana Adinoto: ada potongan harga untuk pembelian baterai notebook yang dipasangi GNU/Linux?

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/443

8 Comments

Wah beda ini mode kudu serius kalo baca blog Amal :D. Bos don’t get me wrong, gua sih mendukung penuh program IGOS, tulisan gua bukan berarti gua ga pro, justru gua perduli dan sayang (care) dengan inisiasi sedemikian bagus.

Soal gua format nyentil ya begitulah format gua kalo nulis hehee…

Nah mari kita kumpul2 yuk reform bagaimana nih supaya IGOS jalan. Masa hare gene masih pake mek terus hehehe…

*jawaban serius nanti ya pakde, mumet lagi di client site, kudu serius euy baca blog elu :D

inget kata aa gym, 3M… Mulai dari yang kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari sekarang…

Mulai dengan FreeBSD :P

waduh gua baru pulang dari kerja coba baca blog lu lagi serius tetep bingung boss.. EYD pisan malah gua ga ngarti wakakaka.. apa gua kudu kuliah bahasa indonesia lagi ya :P

Macnoto, yang penting jawab pertanyaan di paragraf terakhir itu tuh: berani kasih potongan harga baterai untuk notebook yang dipasangi Linux? :p

Berani ngasih notebook yang dipasangi Linux, kalau beli baterai ?

“…pemakai produk propertiary atau…”

Propertiary itu apa Om? ehem..ehem….

Halah, salah ketik lagi… sepertinya terkena “karma” perduli punya Adinoto… :)

Ok, terima kasih.

Amal said: Macnoto, yang penting jawab pertanyaan di paragraf terakhir itu tuh: berani kasih potongan harga baterai untuk notebook yang dipasangi Linux? :p

-> wakakak gua salah baca gua kira potongan notebook :D *lah emangnya gua bandar notebook wakaka… soal potongan batere untuk pembelian laptop yang dipasangi linux? ABSOLUTELY! you got my word :D discount 10%.

batnoto ikut mendukung igos :D kikikikiki

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 20, 2006 4:22 PM.

Nasib Ajax was the previous entry in this blog.

Opera 9 is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261