Wiki: Forum Khalayak dan juga Kalangan Sendiri

| 8 Comments | No TrackBacks

Bulan Agustus lalu, pada saat saya mengurangi kegiatan menulis blog, rehat tersebut antara lain tetap saya gunakan untuk menulis di media lain, yaitu wiki. Supaya tidak salah, mohon dimengerti bahwa wiki tidak otomatis berarti Wikipedia dan tidak selalu disediakan di atas alat bantu MediaWiki. Bukan apa-apa, saya pernah membaca simpulan yang terlalu jauh bahwa, “wiki adalah ensiklopedia”. Wah, perlu diantar ke wiki Id-Gmail si pencetus simpulan tadi.

Kebetulan saat itu ada selentingan di mailing list id-python bahwa Weling, wiki untuk bahasa pemrograman Python, masih minim artikel. Tampung dari sisi positif: berarti tetap ada pemrogram yang dipandu ke wiki Python tersebut oleh mesin pencari. Saya coba melengkapi, kendati tidak selalu mudah memang. Artikel saya pilih tentang dasar-dasar pemrograman Python yang baru dimulai di sana dan setelah “diuji di dapur Femina laptop”, tulisan dipoles dan dipasang. Saya hanya sempat menyediakan dua entri baru, tentang pencabangan dan pengulangan. Modifikasi lain minor sahaja.

Dengan teman aktivis Delphi Indonesia, saya sempat mengobrol dan sedikit membandingkan antara blog Delphi mereka dan wiki Python. Dari sisi popularitas di Indonesia, Delphi berada di atas Python. Itu terlihat bukan hanya dari frekuensi entri di blog Delphi dibanding kemajuan wiki Python, melainkan juga di forum mailing list. (Halo, halo, admin milis Python, asongan spam mulai berdatangan!) Sedikit banyak, saya juga ingin mengamati perbedaan (jika ada) penyikapan komunitas bahasa pemrograman terhadap media komunitas, blog dan wiki.

Kedua model media di atas — pada satu sisi — berbeda secara diametral: blog sedemikian personal dan wiki sangat komunal.

Karakteristik wiki itu pula yang sempat saya obrolkan lewat Yahoo! Messenger dan dilanjutkan dengan tanya jawab lebih formal lewat email dengan Budi Putra. Tanda mata untuknya: Lirikan Jurnalis. Sebuah ketidaksengajaan yang mendorong Budi untuk bercerita tentang perkembangan wiki di Indonesia. Seperti dugaan dalam hati kecil saya, jamaah Wikipedia menyedot kontribusi besar dalam urusan ini. Selamat!

Berikutnya, saya ikut mengantar sebuah tim pengembang menggunakan wiki untuk keperluan dokumentasi pengembangan sistem. Bersama tiga teman lain yang bercerita banyak tentang langkah-langkah pengembangan, saya kebagian menjelaskan instalasi wiki, pemakaiannya, dan pengaturan hak-akses di halaman. Ini pengalaman pertama saya menjelaskan pemakaian wiki untuk keperluan internal. Memang ada sedikit kerepotan: wiki yang berkarakteristik alat bantu untuk forum yang bersifat terbuka untuk publik harus dipermak lewat Senarai Kendali Akses (Access Control List, ACL) agar menjadi sistem pengelolaan dokumen tertutup.

Tetap ada hikmahnya (selain honor dari membawakan materi): teman-teman perancang sistem dalam tim di atas akhirnya mulai membiasakan menggunakan MoinMoin, wiki yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python, untuk keperluan pendokumentasian personal dan juga berkelompok. Bahkan jika sedang tidak terhubung ke wiki intranet dan terpaksa menggunakan editor teks di notebook, sudah ada yang “memaksakan diri” menulis dengan tag MoinMoin. Sesampai di kantor, tinggal dipasang ke wiki di intranet; walaupun, saya belum medapatkan cara yang lebih otomatis dalam hal sinkronisasi tulisan di laptop personal ke wiki intranet.

Solusi yang lebih mudah berikutnya adalah instalasi MoinMoin Desktop Edition (MMDE). Tidak perlu lagi berpusing-pusing dengan instalasi server Web dan konfigurasi untuk CGI atau Mod_python, versi desktop ini tinggal dibongkar, modifikasi sebuah berkas konfigurasi, dan siap digunakan. Bundel yang praktis.

Saya sendiri tidak menggunakan versi bundel desktop karena sudah memasang versi asli MoinMoin dari sediaan tar mereka. Agar ringan di server Web, saya ganti Apache dengan LightTPD yang dengan mulus menjalankan Python untuk wiki lewat modul CGI. Artikel pengantar tentang LightTPD saya baca dari InfoLinux edisi Agustus 2006.

Dengan inisiatif tim kami yang sudah mulai menggunakan wiki untuk catatan di laptop masing-masing, apakah kian meyakinkan saya akan terobosan wiki untuk pemakaian yang lebih personal? Saya pikir, menarik. Sosialisasi gratisan sedang saya rencanakan sebagai kelanjutan tawaran pengelola Rumah Internet untuk pelatihan berikutnya.

Atau, ada yang tertarik paket pelatihan pengembangan sistem yang lebih lengkap atau pendokumentasian pekerjaan teknologi informasi? Betul, promosi: kontak saya langsung dan pesan akan ditindaklanjutkan ke perusahaan kami. Barangkali cocok dan saya memperoleh tambahan untuk bayar sewa tempat hosting tahun depan.

Ramaikan Wiki dengan cara berkontribusi — hmm… oratoris memang.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/466

8 Comments

Kalau buat personal, bisa pakai Wiki on Stick, atau ThumbleWiki. Nantikan tulisan istri saya di PC Magazine soal Wiki he heh e sedikit iklan

Kalau untuk dokumentasi development, bisa dilihat model yang digunakan NLS/Augment yang kini bernama HyperScope

Keduaaa…… aduh postingnya panjang banget, jadi males baca :-D

Saya dan kawan2 developer di komunitas hoscok-109(jogja) juga memanfaatkan wiki untuk keperluan dokumentasi. Awalnya memang sulit, terutama masalah update karena tidak semua anggota tim mahir ber-wiki, lalu kami memutuskan untuk menunjuk seseorang sebagai ‘tukang update’. begitulah adanya.

Ario, jika ingin entri yang lebih pendek, sila baca koleksi tautan singkat di halaman depan situs Web ini, sisi kanan. ;-)

wess…mau coba praktek in, tapi gak ngerti darimana, hehehe

Kalo mo gampang coba pakai Zim (wiki on desktop). Seperti WikiPad

Yap saya juga mengalami hal seperti ini di wiki ubuntu-id, masih banyak rekan2 yg merasa lebih nyaman menuliskan dokumentasi melalui media blog dibandingkan dengan wiki. Padahal sering kali saya himbau di milis untuk bebas menggunakan wiki bila ada yang ingin sharing dokumentasi & untuk sarana berkolaborasi lainnya. Tapi tetap saja sepi kontributor :) *baru juga sih itu wiki dibuatnya* … Cita-citanya sih ingin bisa ramai selalu seperti wiki tetangga sebelah hhehehee … Yaa sudah untuk skr jalan pelan2 aja kali yah om! Mungkin suatu saat nanti wiki tsb bisa dimanfaatkan secara maksimal. ;)

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on September 29, 2006 7:41 AM.

"E-commerce" atau Gerai Maya? was the previous entry in this blog.

Cukup Pesan Singkat Digital is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261