2,2 Trilyun di Tahun Depan

| 7 Comments | No TrackBacks

Kabar dari Ketua Asosiasi Peranti Lunak Indonesia (Aspiluki), Djarot Subiantoro: rencana pemerintah melegalkan perangkat lunak di setiap komputer di kantor pemerintah mendorong peningkatan industri teknologi informasi. Pemerintah dan BUMN berbelanja mencapai 60% dari Rp 2,2 trilyun transaksi bisnis TI tahun 2007 nanti. Prospek lain adalah rencana pemerintah menetapkan tahun 2007 sebagai tahun teknologi informasi.

Sumber: Bisnis Teknologi Informasi 2007 Cerah, Koran Tempo bagian Bisnis edisi 6 Desember kemarin.

Dengan kenaikan Rp 300 milyar dibanding tahun ini, apakah prospek cerah di atas lebih besar porsinya benar-benar untuk “peningkatan industri” atau “peningkatan perdagangan” (baca: kita sebagai pembeli) teknologi informasi?

Tahun 2007 sebagai tahun teknologi informasi: dari kemungkinan peningkatan belanja di sektor TI tahun depan, berapa bagian yang benar-benar terserap ke peningkatan produktivitas?

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/487

7 Comments

harusnya diikuti juga dengan perbaikan infrastruktur. internet?

Kabar-kabarnya pula infrastruktur kita sudah oke? *lirik-lirik presentasi Basuki Suhardiman di ITB dan situasi 3G yang konon justru perlu “isi”.

Ya, saya sendiri masih perlu perbaikan infrastruktur: koneksi pas-pasan di kantor dan belum sanggup mengadakan sendiri di rumah.

Semoga dari anggaran itu ada juga untuk para guru, dosen dan pengajar. Agar mereka bisa fokus ke pelajaran dan tidak harus ngojek/sambilan lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

oh ya tentunya untuk hardware dan software yang lebih terjangkau. Dan tentunya internet :)

Dari sisi pemerintah, seharusnya bisa meningatkan pelayanan publik. Sangat aneh kita untuk membuat KTP di Kodya Jogja cukup sehari, dan membuthkan empat hari di Sleman dengan sistem yang sama. hehehe …

dan, gaji pegawa republik seperti saya yang di bidang TI semestinya juga dinaikkan secara khusus. (Maunya)

2.2 trilyun? Ini embel-embel MoU dan legalisasi software?

Tahun 2007, 2.2T.
Tahun 2008, 2.5T. Biasa, Service Pack.
Tahun 2009, 3T. Yang ini, upgrade.

Dan seterusnya..

Ga tau deh. Mestinya IT itu jadi profit center. Tapi kalo gini logikanya kan IT malah jadi cost center.

Saya khawatir 2,2 Trilyun itu akan menjadi software-software tidak terpakai, atau proyek-proyek yang gagal, atau proyek-proyek yang jadi namun tidak terpakai. IT mahal sekali, tapi akan jadi lebih mahal lagi kalo gak digunakan sebaik-baiknya

Hello, my name is Alex, i’m a newbie here. I really do like your resource and really interested in things you discuss here, also would like to enter your community, hope it is possible:-) Cya around, best regards, Alex!

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on December 7, 2006 4:21 AM.

"E-Accessibility" was the previous entry in this blog.

Telkom Speedy vs XL 3G is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261