Bertemu Para Penulis Blog di Sabuga

| 2 Comments | No TrackBacks

Sependek pengalaman saya bertemu dengan penulis blog atau hadir di acara yang berkaitan dengan blog, Blog Fun Day di Sasana Budaya Ganesa, ITB, hari ini, merupakan yang “paling meriah”. Diawali dengan pesan singkat Rendy Maulana sekitar pukul 07.30, saya sudah akan datang tepat pada waktunya, yakni 09.00. Budi Putra, jurnalis Koran Tempo dari Jakarta, malah sudah datang lebih dulu pada saat saya berada di perjalanan setengah jam sebelum acara dimulai.

Blog Fun Day /01

Benarlah, di tempat perhelatan tidak lama kemudian datang Kuncoro Wastuwibowo. Kuncoro adalah “teman” yang tidak asing lewat Planet Terasi atau pembaca sindikasi blog saya, namun baru kali ini saya bertemu langsung. Seperti tulisan dia yang penuh keriangan tentang tokoh-tokoh Rusia, ahli Fisika, dan musik klasik Wagner, Kuncoro adalah tuan rumah acara (bersama dengan Rendy) yang hangat. Kami berempat malah sempat berakrab ria pada saat rehat siang dan di sela-sela acara. Terima kasih, semuanya!

Lewat materi, saya mencoba membahas landasan dan memberikan ilustrasi di seputar kegiatan blog dan berharap ini dapat menyemangati peserta. Materi dalam format PDF tersebut akan sudah disediakan untuk publik (1,46 MB) (sesuai lisensi yang telah dipasang). Sedangkan foto-foto yang saya ambil belum diolah dan belum diketahui bagian yang layak dipasang di Flickr. Budi Putra sudah menulis liputan acara ini lebih awal sekaligus melengkapi dengan foto-foto. Acara sekarang sedang berlangsung. Yulian F. Hendriyana sedang didaulat mengisi cara instalasi WordPress.

[3 Des] Pada hari kedua sesi pagi, peserta lebih antusias dengan beragam pertanyaan yang lebih lanjut dan lebih serius tentang aktivitas blog, di antaranya kemungkinan mendapatkan penghasilan profit dari blog, cara promosi blog, migrasi materi antarlayanan atau perangkat lunak blog, hingga persoalan lisensi. Peserta juga terlihat sudah akrab dengan alat bantu blog yang digunakan (umumnya Blogger dan WordPress.com), sehingga tidak perlu lagi dipandu dari sisi teknis.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/484

2 Comments

ada yang nanya about egonya blogger seleb nggak ?

aku ga mau komentar, tapi aku cuma pengen minta saran dari temen2 penulis lainnya. cz aku juga suka nulis, tapi baru satu tulisan yang aku taruh kepenerbit. itu juga cuma kumpulan puisiku. yang alinnya maih dalam proses. aku pengen minta saran dari temen2 semua. karena aku pemula jadi minta sedikit keterangan dan ilmunya. salam kenal dari aku.

sekar

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on December 2, 2006 4:24 PM.

"Blog Fun Day" di Sabuga was the previous entry in this blog.

Memorandum Pemerintah: Masih Pagi is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261