Ubuntu untuk Pemula?

| 6 Comments | No TrackBacks

Pertama: pertanyaan ini dimuat di Slashdot.
Kedua: tentang distribusi Linux favorit.

Tugas utama: untuk keperluan pekerjaan matematika tingkat lanjut disertai pemutakhiran spek teknis komputer desktop.
Aktivitas tambahan: belajar pemrograman tingkat menengah, pengelolaan Web, beberapa komputasi linguistik, dan sangat banyak pekerjaan di atas LaTeX untuk publikasi.

Terbayang di awal adalah reaksi para pemancing kegaduhan atau lazim disebut troll, yang ditulis di Wikipedia sebagai, “Seseorang yang mendatangi komunitas mapan seperti di forum diskusi online dan dengan sengaja berusaha menciptakan kericuhan.”

Hmm… selain pekerjaan matematika dan linguistik, deskripsi di atas sangat mirip dengan yang saya perlukan sekarang. Tanpa bermaksud bergabung dengan kelompok troll, saya menambahkan bahwa Ubuntu — distribusi yang terlihat lebih banyak disodorkan oleh penjawab di Slashdot — sudah sangat tepat.

Tidak dipasangkan server mail lokal karena memang tidak diperlukan langsung untuk desktop. Demikian juga untuk server Web karena si komputer personal hanya untuk menyusun halaman Web — itu pun dengan kemudahan alat bantu CMS saat ini editor spesifik HTML sudah digantikan cukup oleh Vim atau Gedit. LaTeX sangat mudah ditambahkan sebagai paket tambahan dan sambil menunggu sudah tersedia OpenOffice lengkap.

Apakah sudah cukup ideal untuk pemula di Linux? Kendati pada artikel sebelumnya — masih di Slashdot — terdapat pertanyaan tantangan: apakah Ubuntu pesaing serius di lingkungan desktop?

Walaupun Ubuntu disebut dalam konteks desktop di lingkungan Enterprise Linux, boleh juga diadu dengan sistem operasi untuk desktop secara umum.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/502

6 Comments

Ya, memang untuk pemula, ubuntu cocok. Setidaknya memudahkan pengguna untuk langsung memakainya. Tanpa harus jadi hacker linux untuk bisa menginstallnya.

Iya pak, katanya (saya gak pernah pakai ubuntu sih) ubuntu itu yang distro linux beginner yg paling enak. Kalau admin FreeBSD spt saya sih sukanya debian/ubuntu server utk dijadiin server.

BTW orang linux indonesia bikin www.howtoforge.com berbahasa Indonesia dong, biar orang kayak saya jadi lebih cepet kalo disuruh pakai linux. Gara2 baca howtoforge, saya jadi bisa install VMware server di Linux pake ubuntu, nggak pake kebanyakan mikir. Kalau kata Bondan Winarno itu : Maknyos!

duh saya nyesel install ubuntu. masa harus ganti vga card (yg minimal 300rb). vga card saya onboard sis661 dan nonton dvd gambarnya sangat jelek. mending beli cd windows bajakan seharga 15rb de

CMIIW

yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeees

Bagus tak nyoba ahh…

aku mau belajar linux dari awal… bisa minta petunjuknya ??? trimsssss

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on December 28, 2006 6:45 AM.

Gempa Taiwan was the previous entry in this blog.

Apa-Saja-Dibeli-Microsoft is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261