Nirkabel Tanpa Batas dari CentrinOnline

| 31 Comments | No TrackBacks

Iklan di harian Kompas hari ini berisi tawaran dari CentrinOnline, akses Internet nirkabel tanpa batas pemakaian. Mereka menawarkan koneksi sampai dengan 64 kbps, jangkauan nasional, dan tarif dipatok Rp 245.000,00/bulan. Keterangan yang perlu diketahui: kecepatan akses tersebut “sampai dengan” (apakah cukup stabil pada angka tersebut?) dan tarif di atas berlaku selama masa promosi selama enam bulan untuk pendaftaran hingga 31 Mei 2007. Tarif setelah promosi adalah Rp 345.000/bulan. Kedua tarif di atas belum termasuk PPN 10%.

Dilihat dari kecepatan akses, berarti “sedikit di atas” akses lewat modem jalur telepon (dial up) — dan seharusnya stabil. Kapasitas data yang lalu-lalang adalah 8 kilobita per detik atau 675 megabita per hari. Misalnya pada praktiknya hanya tercapai kapasitas lebar pita setengahnya, dapat diperoleh sekitar 300 megabita. Artinya: menarik untuk pengunduhan materi dari Internet dalam ukuran besar namun pas-pasan untuk keperluan berselancar di Web.

Sebagai contoh, permainan versi Web sangat sulit dijalankan dengan lebar pita di atas. Demikian juga log masuk jarak jauh ke server lain lewat Net — yang memerlukan respon seketika — kurang nyaman.

Karena nirkabel dan berskala nasional, keuntungan layanan ini adalah ketersediaannya di banyak tempat. Di spesifikasi Centrin disebut modem 3G dalam area XL 3G, demikian juga di halaman tanya-jawab Centrin Unlimited Wireless Internet, dengan demikian layanan ini menggunakan infrastruktur XL. Saya periksa Fren juga menyediakan layanan kerja sama dengan CentrinOnline.

Seberapa jauh kualitas dibandingkan harga yang disodorkan CentrinOnline? Ada yang bersedia bercerita? Selain beberapa teman tertarik dengan iklan tersebut — baik dari sisi kapasitas akses tanpa batas pun jangkauannya — alasan lainnya agar turut andil dibicarakan di sini selain beberapa penyedia jasa koneksi Internet sebelumnya. Terima kasih.

Entri lain yang juga diisi keterangan tambahan oleh pengunjung:

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/532

31 Comments

saya rasa centrin ini cukup stabil yah (walaupun belum mencoba). namun ISP yang punya nama seperti centrin ini saya rasa tidak akan melakukan “bunuh diri” dengan kualitas yang tidak stabil. Bulan sebelumnya juga XL melakukan kerja sama serupa dengan CBN. kalau yang CBN saya sudah daftar dan coba (untuk om saya). Kalau pakai hp yang tidak support 3G maka speednya bekisar diantara 3-4 KBps. namun ketika dicoba pake hape support 3G, kecepatannya bisa sampai 15-16 KBps. yang lebih mengasikkan lagi adalah kestabilan koneksi (hampir tidak ada idle). Jadi untuk centrin saya rasa tidak jauh berbeda kualitasnya. Saya rasa untuk ukuran speed dan kestabilan koneksi, centrin-xl maupun cbn-xl cukup memuaskan. dan harga yang ditawarkan pun masih reliable (walaupun kita masih ingin lebih murah lagi kan?). Oh ya, kalau cbn-xl tarifnya 350rb perbulan + ppn 10%. tidak ada tarif promo seperti yang diberikan dari centrin. Ini bisa menjadi alternatif pilihan berinternet unlimited yang “cukup murah” dibandingkan dengan sedikitnya internet murah yang ada di negeri kita ini.

kebetulan saya pengguna centrin sejak dulu, dan baru tahu soal layanan ini setelah baca tulisan ini. saya langsung klik forum tanya jawab, lalu ke tempat registrasi… lha kok registrasinya terbatas untuk bandung dan denpasar? padahal saya di jakarta…

nambahin lagi,

#2, sebenerrnye ini program dah ada sejak awal bulan maret (centrin), dan awal bulan februari (cbn). kalo mau lihat review lengkap para pengguna centrin maupun cbn. coba deh buka http://www.forumponsel.com bagian forum umum GSM. ini forum mesti daftar dulu baru bisa lihat :). saya dapat infonya dari sana.

#1 Apa bener pakai ponsel 3G bisa sampai 15-16 KiB/s? Berarti kalau XL Corporate yang dikasih CBN itu bisa sampai 150-160 kbps (Centrin sesuai yang disebut di websitenya hanya sampai 64 kbps)?

Saya sendiri sudah pakai yang Centrin, untuk sementara pakai modem ponsel Nokia 7610 (GPRS class 8, teorinya maksimal 40,333 kbps), nggak tau kenapa kecepatan download tertinggi hanya sekitar 4 KiB/s. Mungkin karena teknolgi GSM/GPRS itu koneksinya serial jadi 40,333 kbps itu dibagi 10 bukan 8 untuk medapatkan kecepatan teoritisnya dalam KiB/s (saya kurang tau teknologi GSM/GPRS jadi tolong dikoreksi kalau salah).

Saran saya buat yang mau menggunakan XL Corporate dari Centrin, CBN atau perusahaan lainnya, lebih baik pakai modem (ponsel-kalau modem USB/PCMCIA kemahalan) GPSR class 10 (maksimum sekitar 48 kbps) atau bahkan yang 3G sekalian.

Seperti koneksi Internet lewat teknologi CDMA atau GSM lainya, koneksi yang lewat Centrin ini dibelakang router/NAT, firewall, atau proxy, ini jadi kekurangan buat kebanyakan aplikasi P2P. Seperti kebanyakan koneksi wireless lainnya, koneksi ini juga mempunyai latency/delay yang tinggi, jadi jangan heran kalau ada 10 webpage kecil semuanya bisa dibuka lebih cepat pada koneksi dial-up daripada koneksi Internet wireless CDMA/GSM meskipun misalnya bandwidthnya 3 kali lipat tapi delay atau latencynya juga bisa 3 kali atau lebih. Singkatnya bandwidth CDMA/GSM bisa sama dengan atau lebih dari dial-up tapi soal kecepatan umumnya lebih lambat dari dial-up.

Saran saya kalau menggunakan koneksi wireless CDMA/GSM ini jangan membangun koneksi terlalu banyak seperti buka webpage lebih dari 5 sekaligus, matikan optimalisasi pada web browser yang membuat web browser akan membuat lebih dari 1 koneksi per halaman/berkas (ini juga berlaku untuk kebanyakan download manager—matikan fungsi segmented downloading).

Sebagai masukan, saya sudah daftar untuk koneksi wireless Centrin XL ini. Sewaktu saya datang ke Centrin Pecenongan Jakarta (kebetulan sudah kenal pula dengan bagian resepsionisnya, mengingat saya pelanggan loyal dari era dial-up), dan ikut melakukan pengetesan dengan rekan-rekan pendaftar lainnya.

Uji coba ke www.speedtest.net, hasilnya ternyata didapatkan kalau kecepatan wireless Centrin XL ini tidak jauh berbeda dengan koneksi kabel (dari Kabelvision), namun masih jauh di bawah koneksi Speedy Telkom. Sebagai gambaran, dengan koneksi Kabelvision dari Centrin saya bisa mendapatkan kecepatan maksimum 15 KBps (dengan download accelerator FlashGet), dibandingkan dengan dial up Centrin yang maksimum hanya sekitar 7-8 KBps

Kalau komparasinya berdasarkan model unlimited bandwidth quota, maka bisa dikatakan Centrin XL ini unggul dari segi harga dibandingkan Kabelvision yang Rp. 500.000 + PPN. Cocok untuk yang sering mengunduh banyak file per bulan, dengan koneksi tidak terlalu cepat tapi stabil.

Tapi untuk pengguna internet yang jauh lebih mendambakan kecepatan (meski dengan kuota terbatas), lebih disarankan untuk menggunakan Speedy Telkom.

Untuk mdoem kartu PCMCIA, saya sarankan tidak menggunakan ZTE MF320 yang dipromosikan XL beberapa minggu lalu. Untuk koneksi wireless Centrin XL, pelanggan harus memasukkan username abcdefgh@xl.centrin.net.id.

Kasus yang saya alami, software pendukung ZTE tidak mendukung lebih dari 18 karakter untuk username. Akibatnya, pelanggan tidak bisa memasukkan login username menggunakan software yang disediakan. Saya belum tahu apakah ada alternatif lain untuk menggantikan software tersebut, mengingat website ZTE pun tidak sedikitpun mengulas modem ZTE MF320.

Saya sudah tanyakan kepada pihak CentrinOnline dan mereka menyebutkan bahwa layanan di atas berlaku nasional, bukan hanya Bandung dan Denpasar seperti yang tersedia di situs Web mereka. Barangkali lebih mudah registrasi lewat telepon atau email. :-)

Ayo dunk komentarnya yang udah pernah pake xl-centrin ini….saya tertarik nih…lumayan kan 6 bln 245 rb/bln hbs itu cr lagi yg murah…hehehehe…kalo yang lain kan bulanannya sekitr 300rban dan suka bermasalh…mungkin kalo centrin gak kali yah..? asal stabil sih speed segitu mah udah lumayan..td coba ngetest pake speedtest.net buat starone [URL=http://www.speedtest.net][IMG]http://www.speedtest.net/result/-1.png[/IMG][/URL]

Saya pakai CBN XL, SE 608i (3G) selama ini pengalaman saya kecepatannya hanya 6-7 KBps. Sangat jauh dari 15KBps. Sedangkan Speedy bisa dapet 30-40 KBps.

Kalau benar bahwa Centrin XL bisa 15 KBps, berarti Centrin lebih oce ;)

Oke fren…saya juga pake XL corporate…pertama pakai nyesek lambat bro…say terpaksa kasak kusuk tanya trik2 bikin cepet internet…

ini hasilnya :

  1. Settingan program windows di sederhanakan dan perfomacenya di tingkatkan saya pakai sofware tune up utilities untuk menyetting windows saya

  2. Pakai program internet mozilla firefox karena sederhana dan gak kebanyakan program2 plug in (contoh: flash) yang bikin koneksi lambat dan udah dimodifikasi (settingnya dirubah) —-

  3. pakai open DNS —untuk mempercepat waktu cache data ke web ato browsing.

Hasilnya —- kenceng abis malah sempet ngepot di tikungan…hahahaha

Sial-nya cuma 1 —-> Sinyal XL Gak mau kompromi…Ampuun dech ..gimana nich.. boss-boss XL?

Oh yach saya juga bisa bantu yang mo bikin account Xl corporate ..u/ perorangan cuma 260 rb / bulan —bebas berinternet ria…hahaha

ok kontak saya di 021-98663602 /085218443997 — bakul.laptop1972@gmail.com

Mau tanya nih. Modemnya yang paling murah berapa ya? Makasih banyak. Aku pengen banget pake centrin ini, tapi kalo modemnya mahal, ya gak jadi.. :(

bisa coba di www.wanarta.com disana ada modem 3G PCMCIA harganya 950rb

kaka2 yg udh pengalaman …mau tanya kalo hp apa yg bagus buat dijadiin modem ? denger2 katanya motorola c650 , benarkah ? terus kabel datanya pake tipe apa yah.

Mo sharing pengalaman u- produk Centrin Unlimited Wireless. Menggunakan SE k618i dgn koneksi Bluetooth/Kabel data. Sejauh ini,koneksi dapat dikatakan sangat stabil.hampir tidak pernah idle,pernah lebih dr 24 jam terhubung. Memang soal kecepatan,64 kbps yg ditawarkan,dr tempat saya mengakses jarang mencapai segitu,average sekitar 40-56 kbps. dan sedihnya signAl u- jaringan 3G sangat terbatas ditempat saya sekitar 1-2 bar aja. T_T & yg pasti bikin bateree boros.ketika 3g dipilih. meski begitu koneski tetap stabil.

#Surabaya

Ikutan sharing, saya penguna Centrin unlimited wireless, pakai hp nokia 6630 3G dengan akses USB. Paling maksimum cuman sampai di 6-7KB/s, hampir gak pernah idle meskipun dipakai seharian. Sinyal full terus, BTS XL dari rumah kurang lebhi sekitar 100m lah. Yang saya heran kalau dicek lewat bandwidth monitor seperti DUmeter, aliran downloadnya ga stabil ada selang waktu yg kosong mungkin sekitar 1/4 detik dan itu terjadi terus menerus, kalau upload lancar. Dicek lewat speedtest, maksimum dl 45kb/s, up 50kb/s.

loe pade pke 3G kecepetannye cuma ampe ntu…. udeh harge mhal tapi keceptan gk karuan.. sinyalnya bodong…. mending loe pde pke telkomnet flexi… atw telkomnet instan kecepetannya sama harga jauuuuh di bawah ntu pade loe punya harga…

Mo Nanya ni buat yang udah pake xl centrin. kalo ngak pake jalur 3G kira - kira speednya dapat berapa ya…..

ngaco… telkomnet instan lebih cepet dari hongkong !! ocol nih orang telkom yah??? telkkomnet udah mahal, lambat… sering idle… pokoknya jangan deh pake yang namanya produk telkomsel, ngaco semua… billingnya juga sering ngaco. temen gw pake speedy berantakan tuh… udah user id-nya sampe sempet keblok juga… tiba2 aja gitu, ngok~ ngacoisme!!! telkom onyet gw rasa =)) =))

kalau untuk telkomspeedy bener seperti kata posting 18. user udah setaon nyala, tetapi tiba2 di blok… tau alasannya? belum bayar tagihan 1 tahun… wah, gw marah tuh langsung, gw bilang… ok non-aktifkan. udah dilaporin padahal sejak 1 bulan yang lalu, gax direspon. simbol Committed 2 U dicabut aja deh. belaga doank.

Gue mulai pake Centrin XL ini sejak tgl 17 April dengan HP Motorola V3 koneksi USB, cukup baik, jarang idle, bandwith yg gue dapet sekitar 5-6 KBps, lumayan buat kantong gue dengan harga Rp 245 rb sebulan dapet unlimited daripada pake telkom monyet instan dengan tagihan sekitar Rp 300 rb an sebulan, gak unlimited lagi cuman pake sekitar 1-2 jam sehari itupun dengan was2 takut kebablasan, gak seperti sekarang lancar, online trus, gak pikirin pulsa, gak stress…

Gue baru pake Centrin-XL Unlimited daftar kemarin hari ini dah bisa online sampe detik ini belum ada masalah sih lancar-lancar aja n stabil, gue pake PCMCIA Modem Vodafone 3G beli di Mall Ambassador Jakarta 900 ribu, lumayan ga nyusahin karena ga perlu seting2 cuma seting koneksinya aja. Mudah-mudahan tarif 245 ribunya centrin diterusin, gak cuma sampe 6 bulan. Kalau gak setelah 6 bulan cabut lagi cari yang murah lagi … he he…

klo pake ibook gmn?? kan gak ada slot pcmcia nya.. modem 3g yg usb yg dukung hspda sama umts ada ga???

2 hari ini nyoba 3G 3 , hasilnya…wah mantabbb! kisaran masih dapat 35 KBps, nggak jauh beda dgn saya pake centrin adsl (ini juga bagus.)

cuman, kagak ada yg unlimitednya ..

br dapet kmren…lumayan mbaknya bilang blm aktif tp gw coba kok udah bisa yah udah deh bonus 4 hr….tp kecepatan masih kalah jauh ma starone…tp unlimitednya gak ada yang nyaingin. dapet kecepatan kalo siang sekitar 3-4 KB/s kalo malem lemots paling 1-2 KB/s mau modem yang murah yang cari aja HP motorola C650 cm 425rb

Gua mau ikutan sharing ah, gua barusan pake internet unlimited dari centrin, dari sisi performance, lumayan buat ukuran gue, soalnya gue sendiri ga butuh yang broadband kayak speedy, registrasi cepet, begitu dafftar langsung connect! speed yang gue dpt maksimum 5KB/s, soalnya gue pake GPRS class 4, hehehehehe! tapi secara keseluruhan gue puassssss!!!!

kemaren gw nelp centrin , rencana mau daftar unlimited XL, eh katanya pendaftaran ditutup baru buka lagi tanggal 15 mei, kenapa tuh yak… klo centrin gw ud langganan lama dial up nya ga pernah ada masalah.. makanya pada share lagi dong reportnya yang udah pada make centrin unlimited wireleeesssnya….

baru pake centrin+xl beberapa minggu ini. dari segi harga termasuk murah lah yao, 245rb++ sudah dapet unlimited. dari segi sambungan memang kurang memuaskan, karena di daerah aku cuman dapet 7-8 KB/sec pas download dan maksimum 11 KB /sec pas upload. pas nyoba di kantor centrin di menara jamsostek juga sekitar segitu hasilnya malah sinyal ga stabil, naik turun terus ga keruan (mungkin rebutan sinyal). Tapi yang jelas ngga pusing sama quota nya, kalau gagal download tinggal tarik lagi hehehehe… ngga perlu ngirit quota dengan matiin image downloading di browser… kalau siang cukup bagus, tapi kalau malam naik turun tuh. buat modemnya gua pake huawei e220, rada mahal di ongkos. belinya di indosat 2.3 ternyata di xl cuman 1.9++ (akhirnya ngga jauh beda 2.1) lebih murah ketimbang beli di toko yang sekitar 3 jt-an.

Gw pake telkomsel flash, kenapa ya suka putus kalo buka banyak browser? pake dap pasti ga bisa, baru donlot dikit langsung dc. Ada yg tau mengapa? gw pake 6630

Untuk xl centrin memang paling ideal tidak pakai HP, tapi modem. Saya sudah coba dua-duanya dan hasilnya wuss wuss wuss… beberapa kali di tes di area 3G (Kuningan dan Tebet) dan di luar/GPRS (Cipinang, Cawang). Ada teman yang mengetesnya di Bandung dan Depok. Hasilnya bisa disimak di http://ciput.multiply.com/reviews/item/62 (beserta diskusi garing saya dan beberapa teman yg sudah dan tertarik pakai).

Di area 3G dpt 50an kbps, kalau di area non 3G dapat 30an sudah lumayan. Ini dites dengan bandwith meter di situs Indosat looh :D Saat ini sudah beli 5 ID untuk keperluan kantor :p

bukan cs-nya XL maupun Centrin loooh

Kira2 1 akaun pake rame2 bs ga ya yg centrin unlimited? =)

ane pake centrin unlimmitted,pake 6680 kecepatan 7 ampe 8 kbps lumayan buat download yang kecil2,tapi ada yang tau nggak cara pake putty,katanya bisa nambah ampe 5x lipet.trus settingannya gimana,ada yang tau nggak .Makacih ya….

ane pake centrin unlimmitted,pake 6680 kecepatan 7 ampe 8 kbps lumayan buat download yang kecil2,tapi ada yang tau nggak cara pake putty,katanya bisa nambah ampe 5x lipet.trus settingannya gimana,ada yang tau nggak .Makacih ya….

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 15, 2007 3:18 PM.

Ucapan Salam di Pesan Spam was the previous entry in this blog.

Bunga Rampai Alat Bantu Blog is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261