Semarak TI di Bandung (1): BHTV

| 3 Comments | No TrackBacks

Dengan rehat satu hari, Jumat kemarin, untuk membicarakan tindak lanjut dan antisipasi, hari Kamis dan Sabtu ini saya mengikuti dua kegiatan komunitas TI di Bandung, Jawa Barat. Pertemuan bulanan Bandung High Tech Valley (BHTV) pada hari Kamis lalu, pukul 19.00—21.30, dan setengah hari ini untuk Kelompok Linux Bandung (KLuB). Karena saya mulai tertarik dengan blog foto di Flickr, saya mencoba mengikutkan foto acara sebagai dokumentasi pribadi. Terima kasih kepada Betha Sidik yang telah meminjami saya tripod berukuran menengah untuk eksperimen blog foto.

Tulisan ini dimulai dengan pertemuan BHTV di IZI, Jalan Ambon. Acara KLuB yang disertai dengan pemasyarakatan Ubuntu Feisty Fawn akan saya tulis berikutnya.

Bandung High Tech Valley (BHTV) April Meeting

Setelah pertemuan rutin bulanan BHTV vakum semenjak pertemuan terakhir 17 Agustus tahun lalu, hasil dari pertemuan antara kami di PT Sigma Delta Duta Nusantara (SDDN) dan Budi Rahardjo bulan lalu mencetuskan keinginan mengaktifkan lagi acara tersebut. Kendala yang ada selama ini dianggap pada penyelenggara kegiatan — yang sebelumnya ditangani juga oleh penggagas BHTV yang sudah super-sibuk. Akhirnya tercetus kesepakatan dengan pertimbangan praktis bahwa kami di SDDN bersedia mengurus penyelenggaraan acara.

Mailing list BHTV merupakan sarana yang dapat digunakan untuk memulai acara ini dan dengan gerakan yang mendadak agar tidak tertinggal momen bulan April, acara diselenggarakan.

Dibandingkan dengan pertemuan terakhir tahun lalu, hadirin pada hari Kamis lalu memang lebih sedikit. Armein Z.R. Langie yang baru sembuh dari sakit menyempatkan diri menyajikan presentasi tentang Kesenjangan Digital dan Pasar yang Baru Terbentuk. Topik ini menarik karena berkaitan dengan pengamatan banyak kalangan bahwa gelombang berikut teknologi informasi sudah mulai terasa, akan datang, dan menunggu-atau-menyambut kita semua perlu mengantisipasinya. Saya ingin menuliskan tersendiri tentang topik tersebut di samping tulisan yang sudah diangkat oleh Budi Rahardjo setelah acara berlangsung.

Tindak lanjut penting dari acara BHTV ini adalah rencana berikutnya yang saya lontarkan ke mailing list, yakni:

  1. sosialisasi BHTV perlu diangkat lagi agar “aktivis lama” terus dapat dipertahankan dan kelompok baru mulai dapat diajak. Situs Web adalah sarana yang baik untuk keperluan ini, melengkapi mailing list yang sayangnya arsip di The Mail Archive terhenti pada tanggal 12 November 2003. Bukan berarti sebelumnya BHTV sonder situs Web, melainkan kekerapan pemutakhirannya perlu ditingkatkan;
  2. acara rutin bulanan akan diorganisir oleh tim kecil dengan target merencanakan dan mengatur penyelenggaraan. Adi Indrayana dari PAU ITB sudah menyanggupi membantu penyediaan tema yang akan diangkat. Sekaligus dengan adanya tim kecil ini, acara BHTV tidak terlalu tergantung dengan pengurus formal BHTV yang sudah sibuk dengan agenda lain.
  3. undangan kepada hadirin akan diperluas lagi. Saya mengusulkan agar komunitas TI yang ada di Bandung diajak untuk ikut menghadiri pertemuan BHTV dan disetujui, karena pada prinsipnya sekarang ini keterbatasan pelaksana di lapangan itulah yang menjadi kendala.

Dengan demikian, sambil mempersiapkan rencana untuk pertemuan bulan Mei mendatang, BHTV mengundang partisipan lama dan baru. Sementara ini, media komunikasi yang sudah tersedia adalah mailing list. Untuk berlangganan, kirim email kosong dengan subyek subscribe ke bhtv-request -di- paume.itb.ac.id (ganti -di- dengan karakter @).

Dalam konteks di atas, saya sudah mengundang hadirin di pertemuan KLUB tadi siang. Kebetulan Diki Andeas dan Andi Sugandi, sahibul hajat, juga hadir pada pertemuan BHTV Kamis lalu.

[29 Apr] Semarak TI di Bandung (2) sudah dipasang: KLuB.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/541

3 Comments

Pak, bahan presentasinya (PPT slides) ada enggak? [TH]

Terima kasih sudah diingatkan tentang bahan presentasi dari Pak Armein. Sila dilihat di http://pptik.itb.ac.id/bhtv/.

assalamu`alakum Wr.WB

halo..apa kabar pejuang bangsa…..?

saya mahasiswa politeknik negeri lHokseumawe jursn elektro prodi IT… saya mau naya` bagaimana ya cara bergabung di komunitas IT…. oh ya, apa benar BHTV dibuka pada tahun 2010… kebetulan insya Allah saya lulus pada thn 2010, jadi bisa kesana dong…??

oh ya siapa2 aja yg dah bergabung n dari kalangan mana aja sih!!!??

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 28, 2007 5:43 PM.

Peduli Aturan Main was the previous entry in this blog.

Semarak TI di Bandung (2): KLuB is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261