Dari Sabuga ke Asia: Asia Blogging Network

| 5 Comments | No TrackBacks

Ini cerita setelah menyeruput kopi hangat dan donat J.Co. di Cihampelas Walk, akhir tahun lalu. Jika Rendy Maulana mengundang saya di acara Blog Fun Day karena kami sudah pernah bertemu di beberapa acara Id-Gmail, dua tokoh masyhur yang bergabung pada acara tersebut — Budi Putra dan Kuncoro Wastuwibowo — saya berjabat tangan dengan mereka baru hari itu.

Ternyata memang ada benarnya “basa-basi ala pedagang” yang dikoarkan Rendy: kami tidak mengambil untung dari acara ini, berpartisipasi saja. Soalnya “bisnis” baru bergulir beberapa pekan kemudian. Saya jadi kecanduan beli nama domain di Qwords.com — termasuk rekomendasi untuk kantor dan teman. Setelah itu saya juga bertambah sering bersua “Chief Blogging Officer” Speedy, Kuncoro. Khusus dengan mantan jurnalis Budi Putra, kami bersepakat menyelenggarakan sejumlah pertemuan tambahan (karena dia tinggal di ibukota), yang kemudian ditambah dengan Harry Sufehmi. Kendati saya sudah berkali-kali beruluk salam dengan Harry di blog, saat itu juga pertama kali saya bertemu langsung.

Demikianlah cerita versi saya tentang “gerakan” aktivitas blog yang hari ini, 6 Juni, diluncurkan oleh CEO sendiri, Budi Putra: Asia Blogging Network. Penjelasan resmi dan atribut yang berkaitan dengan rencana ini tersedia di halaman Press Release. Teman-teman yang telah ikut sibuk membidani kelahiran visi baru ini sudah menulis di blog masing-masing: Kuncoro, Harry, dan tambahan Firman Firdaus1. Saya belum pernah ketemu langsung Tuan Firdaus — jadi masih ada harapan akan JCo. berikutnya.

Seperti halnya Harry yang menyebut tulisan tentang Asia Blogging Network akan bias, saya juga tidak ingin terlalu bombastis dengan tulisan ini. Yang diperlukan sekarang adalah kerja keras kami — lebih-lebih saya — jika ingin lebih berkomitmen di ranah blog. Insya Allah, saya masih tertantang dengan visi baru dan bolehlah saya anggap ini salah satu tapak tersebut.

Kebetulan hari ini saya sedang bepergian ke luar kota, sehingga tulisan tentang Asia Blogging ini paling akhir dibanding kontributor lain, kendati sudah mengendap di draf semenjak tadi pagi, dua paragraf sebelum meninggalkan Bandung. Di perjalanan saya sempat saling berkirim pesan pendek dengan Budi Putra: terhadap satu pertanyaan gambaran saya tentang aktivitas blog di Asia Blogging, saya menjawab dengan keinginan bahwa seyogyanya aktivitas blog dapat lebih menguatkan peran masyarakat. Agaknya saya terpengaruh oleh “orasi” Armein Z. Langi di sejumlah pertemuan BHTV akan “empowerment users”. Betul, saya melihat dari azas manfaat.

Terima kasih kepada semua yang telah mengupayakan Asia Blogging Network mulai aktif.

1 Tulisan lain juga saya baca di JalanSutera.com dan kemungkinan lainnya lagi yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Terima kasih.

Catatan: maaf, tulisan di atas belum dibumbui tautan ke situs web yang saya sebut. Koneksi di lokasi saya sangat ala kadarnya. Nanti malam akan saya rapikan dengan tautan.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/559

5 Comments

InsyaAllah kita akan bersama menikmati J.Co suatu saat nanti. Mungkin dengan sesapan capucino dingin. Entah di Jakarta, entah di Bandung.

Ada sih keinginan Sabtu lalu untuk kontak Aa’ Harry dan Aa’ Firdaus. Tapi ternyata hari itu harus habis untuk cari mahar buat bekal Oom KukuhTW.com :). Insya Allah ada sua di lain hari. Denpasar? Ada SBUX juga loh.

Denpasar? Ayolah, Sbux ada koq, di Mall Centro ama Jl. Legian. :)

adain workshop blogger ,sweru !

Bravo Mas Amal! Saya sudah daptar! ^^

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 6, 2007 3:15 PM.

MT Menjadi "Open Source" was the previous entry in this blog.

Keresahan Pengguna Yahoo! Photos is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261