MT Menjadi "Open Source"

| No TrackBacks

Berita penting yang sangat sulit dilewatkan — ini juga diketik di sela-sela “pekerjaan rumah” dari kantor: Movable Type Open Source (MTOS) Project. Berawal dari pesan singkat dari Thomas Arie Setiawan via Yahoo! Messenger. Setelah mengobrol tentang prospek perubahan lisensi ini dengan Thomas, saya baca keterangan resmi di situs mereka — MT 4 akan siap di kuartal ketiga tahun ini, dan ternyata sebuah email dari Movable Type sudah masuk ke kotak surat saya, Movable Type 4 Beta Release—First Look. Termasuk keterangan tentang MTOS.

Apa menariknya?

  1. Saya tidak perlu lagi bertimbang rasa “dualisme” antara topik perangkat lunak bebas yang saya tulis dan alat bantu blog yang saya gunakan. Sekalipun tiada kaitan langsung, namun ini menguatkan motivasi saya menulis perihal perangkat lunak bebas.
  2. Pengembangan pustaka yang berkaitan dengan alat bantu blog di CPAN akan lebih menarik. Sekarang misalnya, modul RSS, ditulis oleh pemakai MT yang cukup aktif, Timothy Appnel. Dengan lisensi yang lebih terbuka ini, modul Perl untuk blog akan lebih atraktif. Boleh dikata, Movable Type-lah “perwakilan” Perl di ranah blog.
  3. Tema untuk MT saya duga akan bertambah banyak. Seperti halnya alat bantu blog berlisensi bebas lain yang mendapat dukungan tambahan dari perancang Web dalam hal tema (tata letak dan grafis), saya berharap hal serupa akan terjadi di MT.
  4. Kebebasan pemakaian MT. Selama ini saya hanya dapat menggunakan MT untuk blog pribadi dan kurang bebas mempromosikan kepada calon pengguna blog lain oleh sebab berupa lisensi. Sekarang saatnya, lebih leluasa berbicara tentang Movable Type.

Mudah-mudahan tidak terlalu pagi sebagai harapan.
Terima kasih untuk Six Apart.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/558

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 6, 2007 2:54 AM.

Belajar dari Musibah di Zooomr: Ajakan Berinvestasi was the previous entry in this blog.

Dari Sabuga ke Asia: Asia Blogging Network is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261