Kesederhanaan

| 3 Comments | No TrackBacks

Tidak selalu mudah mendapatkan kesederhanaan yang cocok dengan kemauan kita. Termasuk untuk urusan tata letak situs web.

Movable Type 4 sudah berubah menjadi berlisensi bebas dan saya menyambutnya dengan antusias, namun persoalan masih muncul: tema untuk tampilan yang minimalis, sederhana, belum saya temukan. Barangkali perancang tema untuk Movable Type belum sebanyak kompetitornya, seperti WordPress; Viking Karwur yang saya temui pertama kali di Pesta Blogger 2007 lalu justru menyatakan berpindah ke TextPattern. Jangan lupakan Thomas Arie Setiawan, kendati bisik-bisik menyebut dia menjadi lebih sohor di WordPress sekarang. Hasil petualangan sedemikian mesra dengan WordPress-MU di Asia Blogging Network.

BluePrint CSS menjanjikan — khususnya untuk perancang tema. Saya sempat mencoba “nekat” menulis sendiri tema untuk blog ini di atas BluePrint, sudah sampai halaman depan, halaman individual entri, dan masuk kategori. Namun, ah… banyak hal yang harus dikorbankan untuk ketrampilan yang memang tak saya kuasai. Akhirnya teronggok begitu saja, walaupun simpulan yang saya peroleh: BluePrint memudahkan dalam urusan pengelolaan blok. Menghemat ongkos “berkelahi” dengan tag div secara langsung. Untuk hal ini saya berterima kasih kepada Boy Avianto, yang rajin mengumpulkan (dan menunjukkan) perkembangan terbaru desain web.

Seperti apakah alat bantu blog yang sederhana?

Matt Haughey “menuntut” beberapa hal yang dianggapnya krusial. Tidak ada yang sempurna — apalagi untuk banyak audiens. Titik penting yang dia kemukakan: urusan dapur untuk penulis, templat, ekspor/impor, dokumentasi, dan beban ke peladen web. Movable Type 4 menjadi kritis di bagian templat dan beban ke server. Semangat memisahkan presentasi dengan kode dan menulis hasilnya dalam bentuk halaman statik benar-benar “berdarah-darah” — melelahkan dibanding alat bantu blog lain.

Berkebalikan dengan kerisauan tersebut, ganjalan tadi sebenarnya dapat membuahkan hasil menarik: saya masih merasa luaran dari Movable Type berupa halaman statik mengurangi ongkos membuka koneksi ke basisdata hanya untuk menampilkan sebuah halaman.

Untuk sementara saya gunakan Universal Theme Set yang disediakan oleh Byrne Reese dan Jim Ramsey.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/582

3 Comments

mas, maaf OOT. theme yang ini kok nabrak2 ya di Opera. screenshot nya saya taruh disini

:D

Terima kasih.

Wah, saya perlu mencari perbaikan untuk Opera. :( Jika diperbaiki sendiri bisa berisiko tak sempat menulis lagi.

Mas saya masih kok mengeluti MovableType 4.1 OS…

Cuma berdasarkan pengalaman saya : men-port hasil design dalam bentuk css/xhtml ke TextPattern paling tidak dibutuhkan waktu 5 jam sampai online —- sedangkan dengan MovableType perlu 3 s/d 4 hari :)

Saya sekarang “pengangannya” MovableType dan TextPattern…

IMHO -> MovableType itu sangat canggih sehingga tidak direkomendasikan untuk pemula… TextPattern itu juga canggih dan simple cuma Admin Interface nya kurang user friendly untuk pemula…

Nah untuk BluePrint CSS Framework, akhirnya saya menemukan “jodoh-nya” TextPattern & MovableType… BluePrint menghemat waktu kerja saya dalam membuat website… Implementasinya sudah saya buat untuk halaman awal website saya… Memang pertamanya belajar BluePrint rada-rada “membingungkan” tapi akhirnya setelah beberapa kali experiment akhirnya hasilnya lumayan… Worthy to try…

Pada akhirnya, I still love MovableType… and also TextPattern…

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on February 2, 2008 2:57 PM.

"Ya, Saya Akan Datang di Pesta Blogger" was the previous entry in this blog.

Keberatan terhadap Rencana Pembelian Yahoo! oleh Microsoft is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261