"Modem Gratis" TELKOMSELFlash

| 9 Comments | No TrackBacks

Bertolak belakang dengan perang tarif percakapan lewat telepon seluler yang mengepung Kota Bandung lewat promosi di baliho, spanduk, dan umbul-umbul, TELKOMSELFlash melepas program “gratis modem” semenjak 30 Januari lalu. Iklan di media cetak sekilas saya lihat di Koran Tempo kemarin dan hari ini saya dengar di acara perbincangan di I-Radio.

Seperti pernah saya tulis tentang makna “modem gratis” di Indosat M2, perwakilan Telkomsel menyebut harga modem Flash tersebut Rp 1.750.000,00 dan diikat kontrak 12 bulan, yang sebenarnya “terjemahan” dari cicilan untuk modem.

Karena saya selama ini pengguna layanan Internet berbasis volume, baik dengan Telkom Speedy dan Indosat M2, saya langsung mengamati TELKOMSELFlash Volume Based: Rp 350.000,00/bulan untuk 1,2 GB dan kelebihan pemakaian bertarif Rp 1/kB. Dibandingkan Indosat M2 yang juga berbasis volume,

  • tarif langganan per bulan dan cicilan modem sama, dengan keuntungan kontrak di Flash lebih singkat (12 bulan dibanding 18 bulan di IM2). Hal ini kemungkinan mengacu pada harga modem yang sudah lebih murah (1,75 juta dibanding 2,25 juta). Catatan: saya belum mendapatkan informasi merk modem yang dijual lewat paket Flash;
  • tarif kelebihan pemakaian Flash lebih mahal, yaitu Rp 1/kB, bandingkan dengan Rp 0,3/kB dari IM2. Bahkan lebih mahal dibanding Telkom Speedy, yakni Rp 0,5/kB. Apakah hal ini diimbangi dengan cakupan area yang lebih luas seperti kesan Telkomsel di lapangan atau nanti akan ada perang tarif lanjutan seperti kasus Rp 1/detik vs Rp 0,5/detik?

Program gratis modem baru berlaku untuk pelanggan kartuHALO.

Dalam konteks “perang tarif”, saya malah berharap terobosan Divre V PT Telkom dengan menurunkan tarif TelkomNet Instan hingga Rp 1.000,00/jam. Modem koneksi dial up sudah lumrah terpasang di laptop dan cakupan Instan lebih luas. Kendati kualitas koneksi dial up membuat pemakainya berkeringat.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/584

9 Comments

BRAVO telkomsell,flashnya?…ehhhmmm. bagus bgt sinyalnya.

maksudnya modem gratis gimana ? saya kurang ngerti . ini paskabayar yaa ? saya dirumah tidak tidak pasang telfon rumah jadi saya mau memakai modem flash . nah , sekarang lagi nyari yg murah2 dan sinyalnya bagus ..

Gmn kceptan pke flashmdem,stabil ga?

gratis beneran..atau cma iklan biar orang pd penasaran..

gmaa caranya daftar telko flash n kira berapa harganya? hamdan di malang n daftar dmn?

woi…ngapain langganan flash.bkin darag tinggi tau…kl pngen emosi gara2 pake flash silahkan az langganan…

Saya pnya modem telkomflash ni 100% baru,blm dipakai..ad yg mau? Cp:085715318171(rizal)

BRAPA SICH HARGA MODEM TELKOM LFASH….TRUS APKAH TERSEDIA DI GRAPARI2…….????

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on February 14, 2008 10:23 AM.

Keberatan terhadap Rencana Pembelian Yahoo! oleh Microsoft was the previous entry in this blog.

"Mailing list" Pemrograman yang Saya Ikuti is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261