Keteguhan Darmawan Hingga Ninjutsu

| 5 Comments | No TrackBacks

Jika Linus Torvald penasaran dengan sistem operasi di komputer seri 386 miliknya dan kemudian dihasilkan GNU/Linux, Darmawan Salihun memulai petualangan di dunia BIOS dengan bekal meretas komputernya agar lebih cepat. Ini cerita kawan muda yang dengan keteguhan hatinya memilih “jalan sunyi” di dunia pemrograman yang sangat spesifik, perlu memahami trik perangkat keras dan ketekunan membuka lembar-lembar data (datasheets) BIOS dari vendor — sebagian memang sengaja dirahasiakan.

Darmawan kemarin sore diundang sebagai pembicara di pertemuan rutin bulanan Bandung High Tech Valley (BHTV) untuk Februari 2008. Selain acara menjadi reuni mini dia dengan teman-teman seangkatannya di Elektro ITB, kami semua, hadirin, terkesima dengan keputusannya bergelut di pemrograman BIOS. Bukan cerita ringkas “cepat kaya ala BIOS” dan tidak ada iming-iming aplikasi ini akan mengantar dia bekerja di manca negara misalnya, melainkan justru lima tahun berkutat dengan bahasa rakitan (assembly) untuk BIOS — dua tahun pertama ia habiskan untuk obsesinya menjadikan komputer miliknya lebih cepat dengan setelan yang tepat.

Darmawan Salihun

Hasilnya memang luar biasa: sebuah buku sangat teknis, 700 halaman di edisi aslinya, dan menjadi bagian dari sedikit pemrogram BIOS tingkat dunia. Penghargaan lainnya adalah keikutsertaan di Google Summer of Code di bawah bimbingan dua mentor.

Promosi Darmawan hingga dikenal publik pun berupa kisah tersendiri: pada awalnya dia rajin menuliskan pengetahuannya di situs pribadi di Geocities, aktif di sejumlah forum BIOS, dan kontak-kontak mulai berdatangan. Puncaknya adalah buku berjudul BIOS Disassembly Ninjutsu Uncovered yang diterbitkan dalam bahasa Rusia dan Inggris. Pengakuan setelah buku tersebut diterbitkan disebutnya sebagai efek berkelanjutan: dia mulai menapak karier sebagai pemrogram paruh-waktu, jarak jauh, di sejumlah perusahaan asing.

Menurut Darmawan, efek tidak langsung yang berkelanjutan itulah yang dianggap benefit. Betul, dia percaya diri dengan cetakan awal buku sekitar 1500 eksemplar yang merupakan konsumsi segelintir pemrogram. Angka tersebut lebih kecil dibanding jumlah cetakan pertama buku pemrograman aplikasi oleh penerbit di Bandung, yang berani pada angka 3000.

Barangkali sedikit dari kita yang tertarik dengan pemrograman BIOS — apapun alasannya, namun renungan mendalam dari mendengar kisah perjalanan Darmawan di akhir pekan ini adalah ketekunan dan keuletan hampir selalu membuahkan penghargaan yang indah di ujungnya.

Ninjutsu telah menggambarkan Darmawan bagian dari perjalanan panjang lakon Naruto, yang menjadi inspirasi pemberian judul buku.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/593

5 Comments

ketekunan dan keuletan, istiqomah :D kunci yang berat :))

salut !!

Darmawan is an amazing person I ve ever known. He is the best…i wish u to have a good health and wellness always. Ganbate kudasai!

Keren, mantapz…

Hebat kawan, kayaknya aku kenal kamu. jadi bangga nih sebagai orang pare. KIKI-pare

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 1, 2008 6:55 AM.

JotSpot dari Google was the previous entry in this blog.

Inovasi FanBox is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261