Koleksi Nationaal Archief di Flickr

| 5 Comments | No TrackBacks

Beriringan dengan rentetan insiden pencurian Batu Kuya yang menghebohkan di Jawa Barat — batu sebesar itu dengan enteng dicuri dari lokasinya, sore ini saya baca entri menarik di blog Flickr, Arbeids, Spelen, and the Tweede Wereldoorlog. Selain bahasa Belanda yang sedikit menggoda mata, penyebutan Nationaal Archief sebagai arsip publik terbesar di Belanda dalam artikel tersebut mengingatkan saya pada koleksi Library of Congress yang sukses “diboyong” untuk berpameran sepanjang waktu di Flickr.

KNIL

Tentu menarik melihat koleksi masa lalu, masa Perang Dunia II (Tweede Wereldoorlog), karena akan banyak yang terungkap lewat foto-foto antik dan tidak semua dari kita berkesempatan melongok ke sumber asalnya. Benarlah, sejarah Belanda pada periode tersebut tidak akan lepas dari Nederlands Indië, yang tak lain adalah Indonesia. Satu album sudah menampilkan hal tersebut, Koninklijk Nederlands-Indisch Leger (KNIL), sebuah singkatan yang sangat akrab bahkan untuk siswa SD, setidaknya pada era menonton bersama film nasional perjuangan dua dasawarsa silam.

KNIL"

Een groep KNIL-lers, soldaten van het Koninklijk Nederlands-Indisch Leger, trekt in egelstelling door de velden, zodat ze niet van achteren kunnen worden verrast. Nederlands Indië, augustus 1939.

KNIL

Twee zwaar bepakte olifanten, begeleid door K.N.I.L.-soldaat en (rechts) drie dwangarbeiders. Indonesië/Nederlands Indië, Atjeh, 1923.

diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh BigBean,

Two heavy packed elephants, accompanied through K.N.I.L.-soldiers and (right) three workers. Indonesia/ Dutch India, Atjeh, 1923.

Sekali lagi kita menikmati sebuah koleksi menarik yang acapkali belum tentu terdapat (atau mudah diakses) di negeri kita sendiri. Walaupun dalam konteks koleksi tersebut memang milik dan dalam kepentingan Pemerintah Belanda pada masa kolonial, sampai dengan bulan Agustus lalu masih saja terjadi keterkejutan ihwal naskah-naskah kuno tanah air yang merana atau kemungkinan bakal disimpan di museum negeri jiran. Biasanya dilanjutkan dengan dalih-dalih yang bukan hanya tak jelas arahnya, namun juga tidak kondusif dalam “merawat milik kita sendiri.”

Selamat menikmati sebagian dari sejarah negeri kita lewat koleksi Nationaal Archief di Flickr.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/605

5 Comments

Wow nice inpo, saiah orang Bandung, tp ga tau ttg pencurian, payah ya :(

Gambar2na keren2 ya, gambr tempo dulu. Salam Kenal ya :)

Wah menari sekali.. Dalam buku sejarah biasanya ada foto-fot cm gak jelas.. dah kabur.. makasih infonya.

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa posting berita Anda di lintasberita.com dan memasang WIDGET Lintas Berita di website Anda yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia dan menambah incoming traffic di website Anda.

Saya menyukai foto-fotonya. Kalau tidak salah, itu berkaitan dengan penaklukan Aceh oleh Belanda yang baru dapat dikuasai seluruhnya di awal abad silam. Karena banyak dari tentara KNIL yang berasal dari Jawa, maka alasan ini dikemudian hari dijadikan stigma di kalangan masyarakat Aceh. Sebenarnya, masih ada satu foto lagi yang berkesan saat penaklukan benteng terakhir di sana, saat Tentara KNIL berdiri di atas para korban perang. Kalau tidak salah, foto tersebut terdapat dalam sejumlah buku teks sejarah. Bisa gak dibuat narasi atau konteks dari foto-foto di atas?

Oh, ya salam kenal!

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 22, 2008 6:29 AM.

Persoalan F-Spot Berhadapan dengan Koleksi Foto Sangat Banyak was the previous entry in this blog.

Hari yang Cerah... is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261