Kegagalan NetworkManager Gnome dengan IM2 di Lokasi Tanpa 3G

| 13 Comments | No TrackBacks

Berbeda dengan persiapan yang cukup lengkap untuk blog-mikro di perjalanan menggunakan ponsel, saya terlalu yakin mengandalkan Gnome NetworkManager untuk laptop dan koneksi via IM2 selama mudik lebaran akhir September lalu. Ternyata bermasalah!

Sebelum menaikkan versi Ubuntu di laptop menjadi 8.10, Intrepid Ibex, saya masih berlama-lama dengan Gutsy Gibbon (7.10). Untuk keperluan akses ke modem Huawei E320 berbulan-bulan saya percayakan pada Vodafone Mobile Connect. Tidak ada masalah dan jauh lebih nyaman dibanding menelisik sekian setelan di konfigurasi Wvdial.

Interpid lebih memudahkan lagi: saat instalasi untuk jaringan, saya langsung ditanya lokasi negara, terpampang daftar penyedia layanan, saya pilih Indosat, dan cukup mengganti nama titik-akses, Access Point Name (APN), memasukkan identitas dan sandi akses, beres. Kecuali sejumlah kegagalan akses yang langsung mengunci sistem (dan belum terpecahkan hingga hari ini, walau jarang terjadi), saya gunakan NetworkManager Gnome ini di Bandung dan Jakarta. Tidak sempat diuji untuk koneksi di kondisi nyata “dunia ketiga”, yaitu Daerah Tingkat II.

Benarlah, sesampai di Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, sekitar 200 km dari Surabaya, Jawa Timur, NetworkManager berusaha mencari akses, gagal, mencari lagi, gagal, dan seterusnya seperti itu. Saya pikir semula ada perubahan atau gangguan lagi dengan IM2 di daerah. Namun beberapa hari kemudian anak saya mencoba memasang IM2 di telepon selulernya dan dapat digunakan. Dengan demikian penyebab masalah bukan pada IM2, melainkan kegagalan NetworkManager membuat koneksi.

Untuk lebih meyakinkan, saya pinjam laptop yang menggunakan Windows Vista dan memang IM2 berhasil diakses. Ada apa dengan NetworkManager Gnome? Dugaan saya: setelan yang digunakan NetworkManager tidak mengantisipasi kondisi GPRS. Saya ingin membuktikan hipotesis tersebut dengan memasang Vodafone Mobile Connect, namun dengan kualitas koneksi di Kecamatan Balung, sangat tidak layak untuk instalasi.

NetworkManager tidak menyediakan pilihan jenis koneksi, berbeda dengan Vodafone Mobile Connect yang dilengkapi menu dari “3G Only” hingga “GPRS Only.” Sekarang Vodafone Mobile Connect sudah saya instal lagi dan berencana mencoba kondisi ini di kota kecamatan, namun belum ada kesempatan.

Sebagai catatan tambahan: NetworkManager berhasil digunakan di Batu. Apakah penyediaan layanan IM2 untuk Malang dan sekitarnya memang berbeda dengan di Jember?

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/618

13 Comments

Saya juga baru menggunakan NetworkManager Gnome di Jaunty Jackalope (9.04), setelah sebelumnya menggunakan Chestnut Dialer di Hardy Heron (8.04). Sangat tidak bisa diandalkan, apalagi ada masalah deteksi hardware (hal) di Jaunty, modem Sierra AC875 saya lebih sering tidak terdeteksi. Lucunya, saya masih bisa akses lewat wvdial, dan tidak pernah ada masalah dengan perpindahan dari 3G ke GPRS. Sampai sekarang saya masih belum bisa install binary Chestnut Dialer di Jaunty (mungkin harus compile manual) padahal lebih nyaman dari wvdial IMHO. Makanya saya lebih memilih bertahan di Hardy Heron sampai sekarang.

pernah nyoba pakai UMTSMON pak, untuk connect dari ubuntu

Google pake komputer Windows temen sebentar, lalu setup wvdial. Emang menyebalkan sih Gnome network-manager, tapi alternatif-nya, wicd malah ndak bisa HS[D/U]PA sama sekali.

Ikut baca dan salam kenal ti Karawang ya bos :)

ubuntu…. saya juga gagalgagalterus tuh… sekarang balik ke jendela

Ini tidak baik, bahwa tidak semua tempat memiliki sinyal 3G belum. -IJ from make money blogging

kunjungan perdana mohon izin baca-baca blognya, terima kasih

informasinya bagus sekali..trims..kunjungi juga Bolehngeblog, karena ada juga informasi ttg ini

informasinyaberguna skali. trima kasih.

Saya juga menemukan bahwa Vodafone Mobile Connect dan Gnome NetworkManager sama berguna dan melayani fungsi saya secara optimal.

Problem yg sering terjadi jika komputer mati mendadak, alias listrik mati. abis hidupin komputernya, coba restart komputernya, modem bakal detek lg. :D pengalaman…saya pake NetworkManager Applet 0.7.996 di ubuntu karmic dgn modem sierra 881u sinyal gprs.

Computer Repair Forum

Pakai aja “Network-manager-kde” yang ada pilihan koneksi GPRS only atau 3G only. sudo apt-get install network-manager-kde

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 12, 2009 7:44 AM.

Blog-mikro Selama Perjalanan Mudik Lebaran was the previous entry in this blog.

OpenNTPd di Ubuntu is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261