Google Buzz dan Pilihan Pengguna

| 4 Comments | No TrackBacks

Peluncuran produk baru Google selalu menimbulkan reaksi, apalagi dengan adanya jejaring sosial dan blog-mikro: cetusan komentar terlihat lebih spontan. Bagaimana komentar tentang Google Buzz yang kemarin mulai digunakan meluas?

Berikut komentar yang saya baca dari beberapa kontak:

  1. lebih menyenangkan karena jumlah karakter tidak dibatasi, berarti 140 karakter yang dijadikan acuan blog-mikro — Twitter, Plurk, hingga Koprol — menyulitkan sebagian orang;
  2. sekali buka di Gmail dan aneka kabar terbaca. Facebook sudah mengumpulkan aneka jenis entri yang siap dipasang — ditambah lagi dengan integrasi dengan aplikasi, namun untuk sebagian fans email, terobosan Google mengintegrasikan ke Gmail terlihat sebagai swalayan komplit baru. Pengiriman pesan lewat email dan pesan Facebook sama kuat sekarang: sebagian pengguna mengamati aktivitas Facebook via email dan sebaliknya, sebagian pengguna perlu diberi tahu via Facebook bahwa email sudah dikirim.
  3. penyediaan tempat baru untuk foto misalnya, karena Buzz menyediakan penyimpanan gambar dan tidak rewel akan batasan ruang diberikan kepada pengguna. Tambahan: jika pun ruang gratis yang disediakan Google tidak cukup, harga tambahan ruang penyimpanan relatif murah.

Bagaimana dengan Wave yang baru muncul dan belum sempat digunakan optimal? Kendati Wave dan Buzz bukan dua jenis produk yang persis sama, yang saya rasakan Wave “dapat kurang populer” dibanding Buzz karena Wave dari awal sudah disediakan terpisah. Bandingkan dengan Calendar, Docs, dan Picasa yang berusaha dicantolkan ke Gmail.

Gmail sendiri masih revolusioner. Lebih dari sekadar Webmail dengan kapasitas penyimpanan berlimpah, teknik pengaksesan dan antarmuka untuk menangani ratusan ribu email tetap belum berhasil disamai oleh penyedia jasa email lain.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/622

4 Comments

wah kalau google buzz ga ada batasan karakter brarti udah melebihi semua social network yg pernah aq make neh.bahkan facebook ajah ada batasan karakter utk update status.

Mas…kalo bisa anda mengulas postingan tertentu tentang Buzz di gmail ini.

dalam hal apas aja , keuntungannya , keburukan dan kelemahan optimasai sekaligus.

terima aksih salam sehat dan tambah tinggi bungbonafit

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on February 12, 2010 7:47 AM.

Promosi Flexi dan Telepon Genggam "Tahu Diri" was the previous entry in this blog.

Melatih Diri dengan Hal-hal Keseharian is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261