Promosi Flexi dan Telepon Genggam "Tahu Diri"

| 1 Comment | No TrackBacks

Bermula dari salah satu poster yang dipasang di album foto Facebook tentang produk bundel telepon genggam ZTE S130 dan akses tiga merk sohor di Internet, yakni Yahoo! Messenger, Gtalk, dan Facebook. Harga paling murah Rp 299.000, sudah termasuk voucher Rp 25.000.

Jika dulu Internet direduksi menjadi “sekadar” Web, sehingga beberapa pengguna menguji koneksi dengan mengetikkan URL di peramban. Ping atau traceroute terlalu geeky. Terkadang juga lupa dipastikan komputer sudah mendapat alamat IP valid atau sudah merujuk ke DNS yang tepat. Hari ini sudah lebih jauh: promosi “dapat digunakan untuk Facebook dan Twitter” jadi mantra pemikat. Bukankah jika perangkat sudah mendukung akses Web dan ada peramban berarti kedua situs tersebut dapat ditampilkan? Oh, itu cara pandang lama: tidak selalu keduanya diakses lewat peramban, aneka aplikasi Web yang bekerja lewat jalur API mendudukkan promosi tersebut pada posisi “yang lebih benar.”

Kembali ke Flexi: saya akhirnya melihat sendiri produk bundel mereka di gerai Flexi di acara ITB Fair 2010. Memang menggoda: dengan modal awal pada kisaran bawah, kita dapat mengubah status Facebook dengan leluasa. Apakah Facebook memang hanya untuk acara ubah-ubah status? Menurut penjaga gerai tampilan Facebook ditampilkan utuh dan baik di layar ZTE merah bata tersebut. Agak sulit membayangkan foto sederhana seperti foto profil ditampilkan, sedangkan ukuran layar telepon genggam sangat sempit.

Itu yang menjadi kendali, pembatalan “main tunjuk” belanja bundel Flexi. Soalnya telepon genggam saya pun sama bututnya, Nokia seri populer 2626. Agak berat buat saya menambah ongkos —kendati murah— jika antarmuka akses Net lewat telepon genggam masih seperti sebelumnya.

Sayang, saya gagal masuk ke halaman akun sendiri di Facebook lewat perangkat demo ZTE promo bundel Flexi, gara-gara kesulitan mengetikkan salah satu karakter yang digunakan untuk sandi akses.

Memang sesuai harga: jika ingin tampilan layar lebih lapang dan jernih, ditambah tombol yang sudah akrab, harga dibrandol minimal empat kali lipat. Ana rega, ana rupa, kata orang Jawa: “harga membawa tampang.”

Apalagi yang menarik pada promo Flexi? Modem CDMA untuk USB komputer. Dengan modal awal Rp 499.000, abonemen Rp 50.000 untuk kecepatan maksimal 384 kbps.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/621

1 Comment

maaf nih saya lagi cari modem flexi tapi masih harga promo…masih adakah?

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on February 9, 2010 4:22 AM.

OpenNTPd di Ubuntu was the previous entry in this blog.

Google Buzz dan Pilihan Pengguna is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261