Jejaring Sosial dan Blog-Mikro

| 3 Comments | 1 TrackBack

Walaupun media sosial, yaitu media web yang digunakan untuk bersosialiasi dengan pengguna lain, terlihat mirip satu dengan yang lain, fasilitas utama yang disediakan oleh media tersebut membedakan dalam dua kelompok, jejaring sosial atau blog-mikro. Batasan dua kelompok ini relatif longgar dan untuk beberapa orang dianggap tidak penting dibanding ikut saja.

Jejaring sosial lebih mengutamakan fasilitas pertemanan dan mendorong penggunanya untuk bertemu dengan teman yang diharapkan. Facebook sebagai misal, meletakkan pertemanan sebagai sendi utama mobilitas layanannya. Mulai dari menampilkan teman yang sama dari dua pengguna, mencarikan teman yang cocok berdasarkan preferensi, menyarankan teman baru, hingga menyediakan aneka cara agar pengguna tetap saling menegur. Fasilitas tambahan seperti status yang mengalir, album foto, koleksi tautan, hingga grup, semua dikerahkan agar pengguna Facebook bersosialisasi dengan pengguna lain. Sebelumnya Friendster melakukan hal serupa. Jika Facebook berupa portal besar dan hampir “segala ada”, Koprol mengambil satu bagian: menghubungkan antarpengguna lewat lokasi.

Akan halnya blog-mikro yang lebih menekankan pada sesuatu yang dipublikasikan dalam format blog, hubungan antarpengguna lebih merupakan bonus. Twitter dan Plurk termasuk karegori ini. Disebut mikro karena berukuran relatif lebih ringkas dibanding blog yang sudah dikenal lebih dulu. Faktor jumlah huruf SMS pada mulanya menjadi pertimbangan, sehingga nuansa “mikro” tersebut terasa, namun bentuk lain seperti Tumblr dan Google Buzz menjadikan “bukan mikro” lagi. Barangkali blog-instan lebih tepat karena sifat mendasar di domain ini adalah tulisan yang ringkas namun efektif.

Beberapa layanan blog bersama, seperti halnya Multiply, WordPress.com, Vox, hingga yang berbasis foto seperti Flickr, menggunakan mekanisme seperti blog-mikro di atas, yaitu menambahkan jejaring sosial sebagai fasilitas untuk menambah penikmat karya yang dipublikasikan.

Dengan adanya perbedaan pijakan yang dipilih oleh sebuah layanan, rasanya kurang tepat jika Twitter dibandingkan dengan Facebook begitu saja, kecuali semata-mata dilihat dari jumlah pengguna mereka, misalnya.

1 TrackBack

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/628

Pemilihan istilah untuk mikroblog, narablog, dan blogfoto. Read More

3 Comments

pastinya, twitter bisa dibandingkan dengan plurk

Mas, blog-mikro atau mikroblog? Mikro- sudah dimasukkan sebagai bentuk terikat di KBBI dan sudah banyak digunakan: mikrobiologi, mikroekonomi, dll. http://bit.ly/bPQ1F9

Hihi, maaf hanya mengomentari istilah. Isi tulisannya setuju deh.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 9, 2010 6:55 AM.

Kesulitan Pengalihluaran was the previous entry in this blog.

Korupsi yang Memprihatinkan is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261