Rencana Gerai Aplikasi Indosat

| 2 Comments | No TrackBacks

Senin, 5 Juli, pekan lalu, saya berkesempatan memenuhi undangan presentasi Indosat yang disampaikan lewat milis BHTV. Hadirin adalah para pengembang aplikasi di Bandung dan secara khusus dihadiri perwakilan Himpunan Mahasiswa Elektro dan Himpunan Mahasiswa Informatika ITB.

Indosat's Representative Explaining Their Plan on Mobile Application

Diawali dengan makan siang bersama, acara berlangsung sekitar dua jam dari pukul 12. Presentasi perwakilan Indosat tentang rencana mereka berkaitan dengan ceruk aplikasi berbasis perangkat genggam (mobile application), terutama pasar pengguna ponsel yang besar. Langsung pada inti presentasi, dipaparkan bingkai kerja (framework) yang digunakan, yaitu Rhomobile. Paparan bersambut dengan diskusi kelebihan dan kekurangan aplikasi di ponsel saat ini, dalam hal untung-rugi antara lintas-platform (cross platform) dan kenyamanan kebiasaan pengguna (user experience). Terlalu dominan pada satu aspek dapat mengurangi aspek yang lain dan hal itu bermasalah di lapangan. Sebagai misal, salah seorang pengembang menyebut bahwa kekurangan Java — yang unggul dari sisi lintas-platform — adalah eksplorasi antarmuka peralatan yang sangat minim.

Inisiatif Indosat ingin mengatasi persoalan ini. Rhomobile sendiri berlisensi MIT dan Indosat berencana akan memudahkan lagi untuk pengembang dengan menyediakan dukungan dan layanan gratis. Target mereka adalah pembukaan kantor baru di Bandung dua-tiga bulan mendatang, diawali dengan seminar dan “tantangan” aplikasi yang menjadi pilihan mereka. Selanjutnya tahun 2011 diharapkan gerai aplikasi (application store) sudah siap menghadapi pasar. Lebih realistis lagi, disesuaikan dengan kondisi pengguna ponsel di Indonesia, gaya penjualan luring (offline) akan tetap dipertahankan, mengingat masih banyak konsumen ponsel di Indonesia membeli langsung keperluan perangkat lunak dari gerai.

Menarik dan kesempatan besar untuk pengembang aplikasi “para musafir” (ini istilah alternatif untuk pengguna mobile), terutama di Bandung.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/654

2 Comments

karena saya pengguna IM3, semoga indosat terus meningkatkan layanannya dan mengurangi biayanya

salam, Bolehngeblog

Semoga indosat terus maju

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on July 13, 2010 7:43 AM.

Penipuan dengan Pesan Konflik Rumah Tangga was the previous entry in this blog.

Presentasi Epigoni di INAICTA 2010 is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261